Festival Budaya Bawaslu, Husni: Masyarakat Mesti Cerdas Sikapi Isu Sara, Hoax dan Money Politik

Hermansyah
1.215 view
Festival Budaya Bawaslu, Husni: Masyarakat Mesti Cerdas Sikapi Isu Sara, Hoax dan Money Politik
Festival Budaya Bawaslu di Kabupaten Siak.

SIAK, datariau.com - Dalam rangka menciptakan perdamaian dan memberantas isu hoax serta money politik pada pesta demokrasi tahun 2024 mendatang. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Siak mengelar Festival Budaya.

Festival Budaya Bawaslu tersebut, mengusung tema, 'Pemilu Tanpa Politisasi Sara, Hoax dan Money Politik'.

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Ketua Bawaslu RI Loly Suhenty, Ketua Bawaslu Riau Alnofrizal, Wakil Bupati Siak H Husni Merza BBA MM, Ketua Bawaslu Siak Zulfadli berlangsung di lapangan Siak Bermadah, Sabtu (18/11/2023).

Perjalanan demokrasi di Kabupaten Siak tercatat Pemilu berjalan dengan aman, lancar dan tertib sehingga ini menjadi awal yang baik untuk demokrasi kedepan.

"Tentu kami apresiasi kepada Bawaslu Siak menyelenggarakan Festival Budaya Bawaslu pertama di Kabupaten Siak. Dengan adanya festival ini, proses demokrasi yang selama ini berjalan baik bisa terus baik dimasa yang akan datang," kata Husni.

Dikatakan Husni, melalui Festival Budaya Bawaslu yang dilaksanakan oleh Bawaslu Kabupaten Siak ini, masyarakat dapat cerdas terhadap informasi hoax dan isu sara terkait Pemilu.

"Dengan mengusung tema, 'Pemilu Tanpa Politisasi Sara, Hoax dan Money Politik' diharapkan masyarakat cerdas dalam meramaikan pesta demokrasi tahun 2024 terhadap isu sara, hoax dan money politik, terlebih dengan pemilih pemula dan bonus demokrasi saat ini," singkatnya.

Ketua Bawaslu Republik Indonesia Loly Suhenty mengatakan pergelaran Festival Budaya Bawaslu ini, harus berbudaya dan dekat dengan masyarakat, karena pesta demokrasi tidak terlepas dari budaya Indonesia.

"Melalui festival budaya ini, kita harapkan masyarakat menjadi aktor kepemilihan, karena Pemilu tahun 2024 menjadi pemilih yang aktif," ujarnya.

Pada festival tersebut, Bawaslu dari tiga kecamatan, yakni Kecamatan Koto Gasib, Sabak Auh dan Kecamatan Pusako menerima penghargaan kategori video pendek terbaik simulasi penyelesaian sengketa pemilu dan ditutup dengan peninjauan stand bazar dari 14 Bawaslu se-Kabupaten Siak.(***)

JIKA MENEMUKAN BERITA KAMI TIDAK SESUAI FAKTA, SEGERA HUBUNGI 0813 3966 1966 (Chat WhatsApp Only)