Peduli Covid-19, Mahasiswa Kukerta Unri Bagikan Tempat Cuci Tangan di Desa Kuapan Kampar

Ruslan
134 view
Peduli Covid-19, Mahasiswa Kukerta Unri Bagikan Tempat Cuci Tangan di Desa Kuapan Kampar
Foto: Fitri Wahida
Peduli lindungi, Mahasiswa KKN membagikan tempat cuci tangan di desa Kuapan Kampar.

KAMPAR, datariau.com - Cuci Tangan Pakai Sabun menjadi salah satu upaya yang terus digalakkan sebagai wujud usaha memutus rantai penularan COVID-19 di masa pandemi saat ini.

Penyediaan sarana prasarana menjadi hal yang penting dan perlu di perhatikan khususnya di tempat umum. Sehingga, mahasiswa KKN UNRI berinisiatif untuk melakukan pengadaan Tempat Cuci Tangan di Desa Kuapan, Kecamatan Tambang, Kampar (24/07/2021).

Pandemi Covid-19 sangat berpengaruh terhadap kesehatan masyarakat. Akan tetapi, masih banyak masyarakat yang belum menyadari cara melindungi diri dan keluarga dari bahaya Covid-19.

Hal ini juga terlihat di Desa Kuapan Kecamatan Tambang, Kampar. Banyak masyarakat yang kurang peduli pentingnya mencuci tangan. Oleh karena itu, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Riau berinisiatif membuat tempat cuci tangan yang akan diletakkan pada tempat-tempat umum yang biasa banyak dikunjungi masyarakat.

“Kami membagikan tempat cuci tangan kepada masyarakat, kami letakkan pada tempat yang biasa dikunjungi masyarakat, agar masyarakat tau betapa pentingnya menjaga kebersihan dan menjaga diri diera pandemi dan memutus rantai penularan Covid-19,” ujar Mufti Rayhan, ketua kelompok Kukerta Desa Kuapan.

Pembagian tempat cuci tangan dimulai pada pukul 10.00 pagi dengan menyebarkan beberapa tempat cuci tangan. Tempat cuci tangan diletakkan di tempat-tempat yang sering dijangkau masyarakat seperti musholla, surau, posyandu dan sebagainya.

“Tempat Cuci Tangan yang dimaksud disini adalah tempat cuci tangan sederhana yang terbuat dari ember besar yang dilubangi lalu dipasang kran air yang kami lakukan sendiri, Tujuan dari kegiatan itu adalah mengedukasi dan menekankan kepada masyarakat bahwasanya cuci tangan saat penting untuk dilakukan saat ini, Setelah diletakkan nya tempat cuci tangan tersebut, kami meminta bantuan kepada bapak kepala dusun setempat untuk nantinya senantiasa memantau serta mengoptimalkan fungsi tempat cuci tangan tersebut agar selalu berfungsi dengan baik,” ujar Ketua KKN Desa Kuapan Mufti Rayhan.

Memperhatikan 5 M bertujuan untuk menekan Laju penyebaran Covid-19, dan seperti yang diketahui bahwa kebersihan adalah sebagian dari iman.

“Salah satu yg dilakukan ananda mahasiswa kami adalah membuat cuci tangan, agar nanti masyarakat dapat memanfaatkannya untuk menjaga kebersihan tangan dengan baik, Ini sangat bagus sekali dan ini berdampak langsung kepada masyarakat,” ujar dosen pembimbing lapangan kukerta unri Yogi Ryantama Isjoni.

Pada akhir, meskipun Tempat cuci tangan tersebut sangat sederhana dan tidak seberapa, namun tim KUKERTA UNRI Desa Kuapan, Kecamatan Tambang memiliki harapan besar untuk masyarakat atas adanya kegiatan ini.

“Semoga hal yang kami berikan, dapat bermanfaat bagi masyarakat meskipun belum menutupi kebutuhan di seluruh tempat. Besar harapan kami, pengetahuan masyarakat bisa bertambah serta kegiatan kecil ini dapat membantu untuk memutus rantai penularan covid 19 khususnya di Desa Kuapan ini,” ujar Ketua Kukerta Desa Kuapan Mufti Rayhan. (ril)

Penulis
: Fitri Wahida
Editor
: Ruslan Efendi
Sumber
: Datariau.com