Target Nol Emisi, Berikut Daftar Mobil Listrik yang Siap Beredar di Indonesia

Yessi Novriani
214 view
Target Nol Emisi, Berikut Daftar Mobil Listrik yang Siap Beredar di Indonesia
Foto: Detik.com

DATARIAU.COM - Presiden Jokowi mengungkapkan dalam dua atau tiga tahun lagi mobil listrik bakal bermunculan dari Indonesia. Hal ini bisa saja terjadi sebab saat ini sudah banyak produsen yang menyatakan akan memproduksi mobil elektrifikasi di dalam negeri, mulai dari hybrid hingga murni listrik.

Bukan hanya memproduksi mobil elektrifikasi, tetapi Indonesia juga akan punya pabrik baterai yang pertama di kawasan Asia Tenggara. Secara bertahap Indonesia membangun ekosistem kendaraan listrik dengan ambisi menjadi pemain besar di sektor ini.

Era kendaraan elektrifikasi ini ditopang fundamental bahwa Indonesia sudah menyatakan komitmennya di Conference of Parties (COP) ke-21 pada 2015 untuk mengurangi emisi karbon hingga 29 persen pada 2029-2030.

Jokowi sudah memerintahkan berhenti mengekspor Nikel, bahan mentah utama pembuatan baterai kendaraan listrik yang banyak dimiliki Indonesia.

Setelah itu pemerintahan bergerak melobi berbagai produsen kelas dunia untuk berinvestasi di berbagai sektor pendukung, termasuk otomotif dari Korea Selatan, Jepang, dan China.

Berikut daftar produsen yang sudah menyatakan komitmennya siap memproduksi mobil elektrifikasi di Indonesia:

1. Hyundai

Hyundai jadi merek yang berkomitmen akan rencana tersebut dan menyatakan bakal memulai produksi mobil listrik tahun depan di pabrik barunya di Indonesia.

Hyundai diketahui telah menanamkan investasi besar di Indonesia, sebesar US$1,5 miliar untuk salah satunya mendirikan pabrik mobil di Bekasi, Jawa Barat.

Selain mobil listrik, pabrik Hyundai yang berdiri di atas lahan seluas 77 hektar dengan kapasitas produksi 150-250 ribu unit per tahun itu juga akan menghasilkan mobil jenis Internal Combustion Engine (ICE). Rencana memproduksi mobil konvensional namun akan lebih cepat sebab dijanjikan mulai akhir 2021.

Selain itu Hyundai juga telah bekerja sama dengan LG untuk mendirikan pabrik baterai lithium-ion NCMA di Karawang, Jawa Barat. Kapasitas pabrik ini 10 GWh per tahun dan mampu menghasilkan komponen buat lebih dari 150 ribu mobil listrik per tahun.

Saat ini Hyundai sudah menjual dua mobil listrik, IoniqEV dan KonaEV, namun ini masih diimpor dari Korea Selatan.