DPRD Rohil Komisi A Minta Kedua Pemkab Labusel dan Rohil Secepatnya Lakukan Eksekusi di Tiga Dusun

Datariau.com
503 view
DPRD Rohil Komisi A Minta Kedua Pemkab Labusel dan Rohil Secepatnya Lakukan Eksekusi di Tiga Dusun

BAGANBATU, datariau.com - Anggota DPRD Rohil Komisi A  Leonard Situmorang SH menyarankan kepada dua belah pihak Pemkab Rohil dan Labusel untuk sesegera mungkin melakukan eksekusi di tiga Dusun, Kepenghuluan Bakti Makmur, Kecamatan Bagan Sinembah, Rokan Hilir.


Menurutnya, inikan sudah ada keputusan Kemendagri itu, memang sudah ada kesepakatan waktu itu  bahwa  terkait dengan saling klemnya  Rohil dengan Labusel  di tiga Dusun itu, maka hasil keputusan apapun yang di putuskan oleh Kamendagri nanti kedua belah pihak ini pasti  menerima.


"Nah, setelah keluar kamendagri pasca itu, tetapi perlu kroscek  memang sudah ada keluar  bahwa tiga dusun ini  menjadi wilayah labusel. Sehingga, suka tidak suka wajib kita taati," kata Anggota DPRD Rohil Komisi A kepada Datariau.com belum lama ini.


Lanjut Leonard Situmorang , memang betul bahwa  di atas kertas  sudah keluar itu, tetapi  dilapangan  belum di eksekusi  nah disana ada lintas selatan. "Manalah tau kita di mana titik batas yang betul akurat dan jelas," bebernya.


Menurutnya,  kalau  tidak di eksekusi  di lapangan dalam bentuk  apakah dia dibeko kah, apakah dalam bentuk patok, dari mana tau.


"Sampai hari ini kedua belah pihak  belum duduk bersama dan melakukan eksekusi," kata leo lagi.


"Secara hukum, bahwa kita harus tunduk kepada  keputusan kemendagri itu iya, itu tetap tenduk  apapun ceritanya harus tunduk. Tetapi bahwa  terbukti kemarin  sewaktu kita  pasca keluar itu kan kita  Komisi A  main ke labusel tentang ini ,jadi labuselpun merasa tidak ada masalah, tinggal bagaimana nanti  mengeksskusi itu  dan  mereka juga belum ada kesiapan" tuturnya.


Lanjut leo, mereka ini menjadi korban.  dalam korban artian ketidak pastian. karena terus terang saja, pihak labusel  belum menerima mereka secara admistarsi belum.


"Sampai saat ini KTP mereka ke KTP mana coba tanya. KK mereka KK mana Rohil toh," katanya.


Artinya jika terjadi sesuatu hal kepada mereka  apakah mereka mau di proses oleh Labusel, sementara  KK dan KTP di Rohil. 


"Oleh sebab itu, ya  sebelum ada eksekusi dilapangan itu  ya saya pikir  kedua Pemerintah daerah ini harus saling memberi komukasi saja," saran Anggota DPRD Rohil ini.


Dia menyarankan, jangan kaku, misalnya, ketika ada putusan itu Rokan Hilir tidak ambil tau yang penting lepas, tidak begitu juga , karena toh labusel  belum tentu bisa menerima  hari inikan.


"Karena labusel juga melihat bahwa fakta mereka itu masih setaus warga  rohil dan dibuktikan dengan KTP dan KK," katanya.


Untuk lebih baik, saran Leo, kedua belah pihak Pemerintah daerah agar sesegara mungkin dan secepat mungkin melakukan eksekusi dari hasil  keputusan kemendagri itu.  


"Karena tampa di eksekusi mendagri itu  maka kewarga negara mereka itu akan tidak pasti. Maka segera lah di lakukan eksekusi itu, supaya ada kepastian hukum kepada tiga dusun itu, kesian kita warga disana," pungkasnya. (Sul)

Penulis
: Samsul
Punya rilis yang ingin dimuat di datariau.com? Kirim ke email datariau.redaksi@gmail.com