Warga Ditolak Vaksinasi Covid Karena Tak Bawa Fotokopi KTP, Padahal Bawa KTP Asli

Ruslan
105 view
Warga Ditolak Vaksinasi Covid Karena Tak Bawa Fotokopi KTP, Padahal Bawa KTP Asli
Foto: Net

DATARIAU.COM - Seorang warga Kabupaten Tangerang beserta keluarganya gagal divaksinasi Covid-19 lantaran tidak membawa fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP). Cuitannya di Twitter itu pun viral.

Melalui akun @amirawulan, Amira Wulan mengungkapkan bahwa keluarganya yang berusia lanjut gagal divaksinasi Covid-19. Padahal mereka telah menunggu lebih dari 3 jam di Galery Marketing Suvarna Sutera Cikupa Kabupaten Tangerang beberapa waktu lalu.

"Kemarin ibu saya 63th, Budhe 65th, Pakdhe 72th datang untuk vaksin. Sudah screening, isi form, pas mau suntik disuruh pulang lagi gara-gara enggak bawa fotokopi KTP, padahal bawa KTP asli. Sudah minta tolong ngomong baik-baik tetap ditolak dan disuruh pulang karena sudah jam 5 sore," tulis Amira.

"Padahal setiap orang sudah isi form data yang ada nama, NIK, dan hasil screening kesehatan di sana. Seharusnya itu cukup untuk melengkapi laporannya. Kalau memang fotokopi KTP jadi penting, kenapa setiap daerah berbeda-beda? Harusnya aturannya sama bukan satu negara?" lanjut Amira.

Dihubungi terpisah oleh Beritasatu.com, Amira Wulan mengaku bahwa kejadian itu terjadi saat ibu dan keluarganya hendak melaksanakan vaksinasi. Menurutnya, persyaratan fotokopi KTP tidak diinformasikan sebelum mereka melaksanakan vaksinasi.

"Kita dikasih tahu Pak RW kalau masih ada sisa vaksin, lalu disuruh cepat-cepat ke sana. Jadi langsung buru-buru berangkat cuma bawa KTP tanpa fotokopi dulu. Setelah isi form dan screening pas mau vaksin ditanya tentang fotokopi KTP. Karena enggak bawa akhirnya kami enggak diizinkan vaksin," tutur Amira.

Ia berkisah, sesungguhnya petugas vaksin tidak menyebutkan alasan jelasnya apa.

"Petugas sebenarnya enggak nyebutin alasannya apa. Cuma bilang enggak bisa (vaksin) karena harus ada fotokopi KTP. Jadi ya sudah akhirnya kami pulang, padahal kami sudah menunjukan KTP asli," lanjutnya.