Tersangka Narkoba Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie Tidak Dipenjara, Tapi Direhabilitasi Mulai Hari Ini

Admin
324 view
Tersangka Narkoba Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie Tidak Dipenjara, Tapi Direhabilitasi Mulai Hari Ini

DATARIAU.COM - Polres Metro Jakarta Pusat menuntaskan pemeriksaan terhadap Nia Ramadhani dan suaminya, Ardi Bakrie serta sopirnya ZN dalam kurun waktu 4 hari.

Nia Ramadhani, Ardi Bakrie dan sopirnya kemudian direhabilitasi atas rekomendasi Badan Narkotika Nasional (BNN).

Nia Ramadhani, Ardi Bakrie dan sopirnya mulai menjalani rehabilitasi sejak Senin (12/7/2021) pagi tadi.

Sebelum dibawa ke pusat rehabilitasi, ketiganya masih diamankan di Polres Metro Jakarta Pusat dengan status sebagai tersangka kasus sabu.

Pengacara Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie, Wa Ode mengatakan ketiganya direhabilitasi mulai hari ini.

Proses rehabilitasi dilakukan di sebuah tempat rehabilitasi di Bogor, Jawa Barat.

"Tempat rehab beliau-beliau di daerah Bogor," ujar pengacara Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie, Wa Ode Nur Zainab, saat dihubungi detikcom, Senin (12/7/2021).

Baca juga:Nia Ramadhani dan Suami Ditangkap Terkait Kasus Narkoba, Netizen: Ntar Juga Dibebaskan

Sementara itu, Deputi Bidang Rehabilitasi BNN, dr Riza Sarasvita mengatakan Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie hingga sopirnya berinisial ZN direkomendasikan untuk menjalani rehabilitasi rawat inap.

"Iya karena dua-duanya kan suami-istri, kalau bisa rawat inap supaya sejalan terapinya," kata Riza saat dihubungi secara terpisah.

Diberikan Konseling Marital

Sebagai pasangan suami istri, Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie juga akan diberi konseling pernikahan selama proses rehabilitasi.

Ini dilakukan agar keduanya sama-sama memberikan pengaruh positif untuk lepas dari ketergantungan.

"Bukan semata-mata, mereka tidak ingin bercerai, nggak. Tapi justru karena suami dan istri kan satu sama lain bisa saling mempengaruhi. Jadi maksudnya dua-duanya harus dilakukan terapi sama, sehingga satu sama lain mempengaruhi yang positif," terang Riza.

Baca juga:Prediksi Ferdinand Hutahaean Terhadap Hukuman Nia Ramadhani, Endingnya Rehab

Terkait berapa lama Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie akan menjalani rehabilitasi, Riza menyebut hal itu sangat tergantung perkembangan keduanya.

Menurutnya, pihaknya tidak memiliki rentang waktu dalam penetapan rehabilitasi pasangan tersebut.

Tahapan Rehabilitasi

Deputi Bidang Rehabilitasi BNN dr Riza Sarasvita mengatakan Nia Ramadhani, Ardi Bakrie, dan ZN akan mendapatkan asesmen lanjutan selama direhabilitasi.

"Pertama, asesmen lanjutan untuk melihat seberapa dalam. Penyidik datang kita lakukan asesmen, nanti harus dilakukan pendalaman lagi, evaluasi sisi psikologis seperti psikotes, kepribadiannya seperti apa harus dilakukan," jelas dr Riza saat dihubungi detikcom, Senin (12/7/2021).

Baca juga:Di Kantor Polisi, Nia Ramadhani Pakai Topi Dior Harga Rp 16,6 Juta

Selama direhabilitasi, ketiganya harus mengikuti sejumlah kegiatan.

"Terus nanti dikasih kegiatan-kegiatan. Selama kegiatan-kegiatan itu kita observasi gimana respons mereka terhadap kegiatan tersebut," paparnya.