Pemohon Cabut Gugatan Praperadilan, Kapolsek Bagan Sinembah Dinyatakan Menang

Ruslan
79 view
Pemohon Cabut Gugatan Praperadilan, Kapolsek Bagan Sinembah Dinyatakan Menang
Foto: Sella
Suasana sidang praperadilan hari ke 3 di PN Rohil.

BAGAN BATU, datariau.cok - Setelah melalui proses panjang terkait gugatan Praperadilan terhadap Kapolsek Bagan Sinembah Kompol Indra Lukman Praboeo SH SiK yang diajukan oleh Dariamsyah Damanik selaku pemohon akhirnya dicabut.

Pencabutan gugatan praperadilan tersebut dilakukan pada sidang praperadilan hari ke 3 melalui kuasa hukumnya Coky Roganda Manurung SH Dkk. Sidang praperadilan dengan nomor 03/Pid.Pra/2021/Pn. Rhl ini dilaksanakan pada senin 26/7 sekira pukul 11.30 wib bertempat di Pengadilan Negeri Rokan Hilir.

Gugatan praperadilan yang diajukan pemohon tersebut tentang sah dan tidaknya terkait Penangkapan, Penetapan tersangka dan penahanan terhadap pemohon dalam Perkara, "Barang siapa dengan maksud untuk menguntungkan diri sendiri atau orang lain secara melawan hukum, memaksa seseorang dengan kekerasan atau ancaman kekerasan untuk memberikan barang sesuatu, yang seluruhnya atau sebagian adalah kepunyaan orang itu atau orang lain, atau supaya membuat hutang maupun menghapuskan piutang, diancam karena pemerasan dengan pidana penjara paling lama sembilan bulan" sebagaimana dimaksud dalam rumusan pasal 368 ayat (1) KUHPidana.

Sidang praperadilan hari ke 3 tersebut dihadiri oleh Pemohon yang diwakili kuasa hukumnya Coky Roganda Manurung, S.H. dkk dan Termohon Kapolsek Bagan Sinembah yang diwakili oleh kuasa hukum dari Tim Bidkum Polda Riau AKBP Dr. Endang Usman, SS SH MH AKBP Yesi Chandra Ayu, S.H.Pembina TK I Nerwan, SH MH, Ipda Beni Siswanto, S.H. dan Aiptu Dr. Arisman, SH MH.

Sidang Praperadilan ini dipimpin oleh Hakim Erif Erlangga, SH dengan Panitera Pengganti Candra Yuda Simanjuntak, SH, adapun agenda sidang ini menyatakan bahwa dalam sidang Praperadilan, secara lisan kuasa hukum Pemohon menyatakan mencabut permohonan Praperadilan, selanjutnya atas adanya permohonan tersebut Hakim mengeluarkan penetapan yang berbunyi.

1. Mengabulkan pencabutan permohonan.

2. Menghapus register perkara dari buku register PN Rohil.

3. Membebankan biaya perkara kepada Pemohon.

"Dengan adanya penetapan ini maka sidang praperadilan perkara ini dinyatakan selesai. Dengan demikian Polda Riau, Polres Rokan Hilir, Polsek Bagan Sinembah dinyatakan Menang," ungkap Kapolres Rohil AKBP Nurhadi Ismanto SH melalui Kapolsek Bagan Sinembah Kompol Indra Lukman Prabowo SH SIK kepada awak media. (Sela).

Penulis
: Sella
Editor
: Ruslan Efendi
Sumber
: Datariau.com