Dana Desa di Maredan Barat Tak Transparan, Ini Kata Bowo Suprapto

Hermansyah
77 view
Dana Desa di Maredan Barat Tak Transparan, Ini Kata Bowo Suprapto
Calon Penghulu Maredan Barat Bowo Suprapto.

SIAK, datariau.com - Keterbukaan informasi publik dan ketransparanan mengenai anggaran dana desa di Maredan Barat, diduga kurang terbuka kepada warga. Hal itu dikemukakan oleh Bowo Suprapto dalam pertemuan silaturahmi dengan warga Kampung Madura, Maredan Barat, Tualang, Rabu (27/10/2021).

"Anggaran dana desa seyogianya dibuka secara umum. Anggaran itu sebesar-besarnya digunakan untuk pembangunan desa. Maka, disaat penghulu sebelumnya saya nilai kurang terbuka. Atau, tidak boleh diketahui oleh masyarakat. Disamping itu, warga kita tidak begitu menanggapi kemana saja anggaran itu peruntukannya," kata Bowo.

Bowo mengatakan bahwa untuk pengawasan anggaran dana desa dari Pemerintah, harus dilakukan. Masyarakat sangat penting untuk mengetahui, tentang anggaran atau uang negara tersebut.

"Kalau warga juga tidak bisa mengetahui soal uang dana desa, maka bisa menimbulkan kecurigaan bahwa pemerintah terdahulu cacat hukum atau dugaan korupsi," sambungnya.

Lanjutnya, ada warga beragama Kristiani yang tidak diberikan bantuan soal keagamaan.

"Indonesia adalah negara Pancasila. Kita terdiri dari denominasi suku, agama maupun ras. Maka, kebhinekaan itu harus dijaga. Kepercayaan kita walau berbeda, namun pemerintah berkewajiban untuk membantunya. Ada warga yang beragama Nasrani pernah cerita kepada saya, bahwa ada kegiatan Natal dan membuat permohonan bantuan ke Penghulu namun ditolak atau tidak dibantu. Tentunya ini merupakan kejanggalan bagi kita. Bahwa bantuan keagamaan itu ada anggarannya, tahun 2020 sebesar 111 juta rupiah. Dananya kemana ?," paparnya.

Masih kata Bowo Suprapto, terdapat dana desa senilai Rp33.636.000 juta untuk pelatihan pembinaan lembaga kemasyarakatan juga dipertanyakan olehnya.

"Dana puluhan juta rupiah di dana desa seperti pelatihan pembinaan lembaga kemasyarakatan patut dipertanyakan. Karena sepengetahuan saya tidak ada realisasinya," pungkasnya.(Mon)

Penulis
: Simon
Sumber
: Datariau.com