Alfedri Sampaikan Laporan Pelaksanaan APBD Tahun 2020 Pada Rapat Paripurna DPRD Siak

Hermansyah
121 view
Alfedri Sampaikan Laporan Pelaksanaan APBD Tahun 2020 Pada Rapat Paripurna DPRD Siak
Bupati Siak Drs H Alfedri MSi.

SIAK, datariau.com - Bupati Siak Drs H Alfedri MSi mengikuti rapat paripurna penyampaian laporan Banggar DPRD Kabupaten Siak terhadap Ranperda pertanggungjawaban Ppelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Siak Tahun Anggaran 2020.

Permintaan persetujuan anggota secara lisan oleh pimpinan rapat paripurna, sekaligus penandatanganan keputusan bersama secara virtual yang dilakukan di ruang Bandar Siak lantai II kantor Bupati Siak, Senin (12/7/2021).

Giat inipun turut dihadiri langsung oleh Sekda Siak Drs H Arfan Usman MPd, Asisten Ekbang Setda Kabupaten Siak Hendrisan, Kepala Dinas Badan Keuangan Daerah Rubiati, Kepala Bappeda melalui layar tampak hadir Ketua DPRD Siak H Azmi SE dan anggota.

Dalam sambutannya Bupati Siak Drs H Alfedri MSi menyampaikan, agenda yang dilaksanakan ini dinilai sangat strategis karena merupakan implementasi dari kewajiban konstitusional, sebagaimana diamanatkan dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Dan yang paling penting adalah merupakan upaya bersama dalam membangun Kabupaten Siak agar dapat lebih maju di masa yang akan datang.

"Paripurna yang diselenggarakan hari ini merupakan rangkaian proses yang dilakukan sampai dengan disetujuinya Ranperda menjadi Perda, yang telah melalui pentelaahan bersama antara anggota Pansus DPRD dengn eksekutif sehingga diharapkan dapat memberikan manfaat bagi Kabupaten Siak ke depan," sebut Alfedri.

Selanjutnya, Alfedri mengatakan, Ranperda tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2020 ini sesuai dengan amanat pasal 126 Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2019, tentang pengelolaan keuangan daerah disampaikan kepada Gubernur sebagai wakil pemerintah pusat untuk dievaluasi sebelum ditetapkan.

Alfedri menjelaskan, persetujuan bersama peraturan daerah tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD TA 2020 ini, menjadi wujud nyata komitmen Pemerintah Kabupaten Siak dalam rangka kontabilitas dan transparasi pertanggungjawaban pengelolaan keuangan daerah.

"Demikian pula saya harapkan pada seluruh OPD di lingkup Pemkab Siak, agar informasi keuangan yang disajikan dalam laporan keuangan dapat ditingkatkan kualitasnya serta tepat waktu dalam penyampaiannya," jelas Alfedri.

"Meskipun laporan keuangan TA. 2020 tetap mendapatkan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Namun kerja keras kita semua dan dukungan pimpinan serta anggota DPRD sangat kami harapkan agar Opini WTP ini dapat kita pertahankan," pungkasnya.

Dalam rapat itu, juga dilakukan penandatanganan keputusan bersama dan permintaan persetujuan anggota secara lisan oleh pimpinan rapat paripurna.(*)

Sumber
: Datariau.com