Waspada Peredaran Uang Palsu di Perawang, Korban: Diduga Pelaku Pakai RX King

4.117 view
Waspada Peredaran Uang Palsu di Perawang, Korban: Diduga Pelaku Pakai RX King
Foto: Hermansyah
Uang palsu.

SIAK, datariau.com - Salah satu warung harian di Kelurahan Perawang Kecamatan Tualang Kabupaten Siak Riau, Selasa (12/5/2020) tidak menyadari adanya seorang konsumen diduga pelaku yang membeli sebungkus rokok Sampoerna Mild di warungnya menggunakan uang palsu.

Menurut keterangan korban (pemilik warung harian), pelaku saat itu menggunakan uang kertas pecahan 100 ribu. Tanpa disadarinya, aksi pelaku ini mengalihkan perhatian korban cukup dengan cara berbincang bincang (ngobrol) saat itu.

"Kejadianya semalam, dimana ciri-ciri orangnya tinggi, kalau tak salah motornya RX King trondol gitulah bang, dan menggunakan tas sandang samping berwarna coklat," kata korban yang enggan namanya disebutkan dihalaman berita online datariau.com, Rabu (13/5/2020) malam.

Ketika korban mengambilkan uang kembalian dari pembelian 1 bungkus rokok tersebut. Korban yang tidak memperhatikan hal itu pelaku pun berhasil mendapatkan uang pecahan kembalian asli dari pemilik warung.

"Pelaku membeli rokok seharga Rp23.500, dan saya kembalikan uang sebesar Rp76.500," ujarnya.

Kejadian tersebut pun dibenarkan oleh Kapolsek Tualang Kompol Pribadi SH melalui Bhabinkamtibmas Kelurahan Perawang Bripka Arya Sudarsa, Selasa (12/5/2020) kemaren. 

Sebelumnya, kata Bripka Arya adanya laporan dari warga atau dari salah satu pemilik warung harian yang menerima uang kertas pecahan 100 ribu palsu, tanpa disadari oleh korban, pelaku menggunakan uang itu dengan membelikan 1 bungkus rokok di warung korban.

"Kami menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat Kecamatan Tualang khususnya Kelurahan Perawang atau kepada pemilik warung saat menerima uang dari konsumen agar lebih teliti lagi, dan tidak lupa periksa terlebih dulu uang yang dibelanjakan oleh konsumen tersebut," imbau Arya.

Tentunya kepada masyarakat agar tidak lupa untuk memperhatikan setiap uang dari konsumen saat membayarkan pesanan atau belanjanya terlebih dulu, dan lantas tidak harus langsung mengambil uang kembalian kepada konsumen tersebut.

Jika konsumen itu kedapatan menggunakan uang palsu sebagai alat untuk pembayaran, kata Bripka Arya Sudarsa lagi, jangan mudah percaya apalagi sampai menerima uang tersebut yang jelas-jelas adalah uang palsu untuk mendapatkan uang kembalian asli.

"Kami mengingatkan kembali agar masyarakat tetap waspada terhadap peredaran uang palsu yang saat ini lagi beredar di Perawang, diduga pelaku mulai edarkan uang palsu ini dengan melakukan transaksi pada warung-warung harian," pungkasnya.

Berdasarkan pengakuan korban pemilik warung harian di Kelurahan Perawang sebelumnya, ciri-ciri pelaku dari keterangan korban diduga mengendarai sepeda motor merk Yamaha jenis RX King trondol, dengan postur tubuh tinggi mengunakan tas sandang warna cokelat.(Eman)

Penulis
: Hermansyah
Editor
: Ruslan Efendi
Sumber
: datariau.com
Tag: