Mahasiswa Kukerta UNRI dan Pemerintah Desa Birandang Gencar Sosialisasi Prokes Untuk Kegiatan Idul Adha 1442 H

Admin
262 view
Mahasiswa Kukerta UNRI dan Pemerintah Desa Birandang Gencar Sosialisasi Prokes Untuk Kegiatan Idul Adha 1442 H

KAMPAR, datariau.com - Pada saat ini kasus Covid-19 di Indonesia sedang mengalami peningkatan jumlah kasus yang cukup besar.

Pemerintah menerapkan PPKM untuk membatasi mobilisasi masyarakat dan menekan angka penyebaran covid-19.

Untuk mendukung usaha pemerintah dalam upaya menekan laju penyebaran covid-19 Mahasiswa Kukerta Balek Kampung Universitas Riau melakukan pembagian masker dan handsanitizer kepada masyarakat Desa Pulau Birandang Kecamatan Kampa Kabupaten Kampar.

Kegiatan ini merupakan kerjasama antara pemerintah Desa Pulau Birandang sebagai pihak yang menyediakan masker serta handsanitizer dan Mahasiswa Kukerta yang diberikan amanah oleh pemerintah desa untuk menyalurkannya kepada masyarakat.


Mahasiswa Kukerta mendapat arahan langsung dari Kepala Desa Pulau Birandang untuk kegiatan ini agar proses penyalurannya terkoordinasi dengan baik.

Pembagian masker dan handsanitizer ini juga sebagai upaya pemerintah desa untuk tetap menjalankan protokol kesehatan yang ketat dalam menyambut hari raya Idul Adha yang jatuh pada 20 Juli 2021.

Masyarakat sekitar sangat antusias menerima handsanitizer dan masker ini.

Selain pembagian handsanitizer dan masker pada H-1 hari raya idul adha, mahasiswa kukerta dibantu oleh ketua RT dan RW sekitar juga melakukan pembagaian masker sebelum sholat ied dilakukan di masjid-masjid yang ada di sekitar Desa Pulau Birandang.

Mahasiswa kukerta juga memasang poster tentang protokol kesehatan pada masjid-masjid di sekitar desa Pulau Birandang yang akan melaksanakan sholat ied.

Poster tersebut berisi tentang protokol kesehatan 4M, yaitu Memakai masker, Mencuci tangan, Menjaga jarak, dan Menghindari kerumunan.

Hal ini untuk tetap menjaga protokol kesehatan selama ibadah sholat ied berlangsung.

Dengan kerjasama antara pemerintahan Desa Pulau Birandang dan mahasiswa kukerta diharapkan dapat semakin menyadarkan masyarakat akan pentingnya menerapkan protokol kesehatan serta membantu memutus mata rantai penyebaran covid-19. (Vieka Juniaty Putri)