Indonesia Targetkan Netral Karbon 2060: Sepeda Motor Mesin Konvensional Terancam Punah

Yessi Novriani
113 view
Indonesia Targetkan Netral Karbon 2060: Sepeda Motor Mesin Konvensional Terancam Punah
Foto: Liputan6.com
Presiden Joko Widodo Sedang Mencoba Motor Listrik Gesits.

DATARIAU.COM - Sektor industri sepeda motor jadi salah satu yang jadi perhatian pemerintah, untuk menuju target net zero emission (NZE) atau netral karbon pada 2060.

Dalam keterangan tertulis Menteri ESDM Arifin Tasrif menyebutkan tak ada lagi sepeda motor bermesin pembakaran internal yang dipasarkan pada 2040.

Sementara pada tahun 2030 diharapkan sudah ada 13 juta sepeda motor listrik, yang beredar di Indonesia.

"Transformasi menuju net zero emission menjadi komitmen bersama kita paling lambat 2060," ungkap Arifin pada diskusi bertajuk Road to COP26: Tekad Generasi Muda Indonesia Mencegah Perubahan Iklim & Mendukung Energi Bersih di Jakarta, Kamis (7/10/2021).

Ini lebih cepat 10 tahun dari target penyetopan penjualan mobil bermesin konvensional, yang baru dilakukan pada 2050.

Sementara pada 2030 populasi mobil listrik di angka 2 juta unit. Mengenai informasi ini pihak Asosiasi Industri Sepeda motor Indonesia (AISI) sampai berita ini tayang, belum ada respons. Begitu juga pihak Yamaha dan Honda.

Sementara Head and Sales Promotion PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) Michael C. Tanadhi belum mau berkomentar banyak.

"Belum bisa komentar untuk saat ini. Namun yang pasti kami akan ikut aturan pemerintah," tutur Michael.

Sementara itu, pemerintah tengah menerapkan lima prinsip utama, mulai dari peningkatan pemanfaatan energi baru terbarukan (EBT), pengurangan energi fosil, kendaraan listrik di sektor transportasi, peningkatan pemanfaatan listrik pada rumah tangga dan industri, dan pemanfaatan Carbon Capture and Storage (CCS).

"Kami telah menyiapkan peta jalan transisi menuju energi netral mulai tahun 2021 sampai 2060 dengan beberapa strategi kunci," pungkas Arifin. (*)


Source: Kumparan.com