DPRD Kota Pekanbaru Ingin APBD 2023 Fokus Pembangunan yang Dirasakan Langsung Masyarakat

datariau.com
795 view
DPRD Kota Pekanbaru Ingin APBD 2023 Fokus Pembangunan yang Dirasakan Langsung Masyarakat
Foto: Endi
Sekretaris Komisi IV DPRD Kota Pekanbaru, Rois.

PEKANBARU, datariau.com - DPRD Kota Pekanbaru akan berupaya melakukan rasionalisasi anggaran yang dilakukan oleh masing-masing komisi bersama mitra dalam Rancangan APBD Kota Pekanbaru tahun 2023 untuk mendukung program Pj Walikota Pekanbaru menangani permasalahan banjir, pengelolaan sampah dan juga infrastruktur.

"Secara peraturan, untuk belanja modal itu minimal harus di angka 30 persen dari nilai APBD. Tetapi, dalam APBD tahun 2023 itu saya melihat hanya ada di angka 14 persen. Sementara, sejak kami dilantik dari 2019 pembangunan yang dirasakan masyarakat langsung itu sangat minim, boleh dibilang nggak ada," kata Sekretaris Komisi IV DPRD Kota Pekanbaru Rois, Selasa (1/11/2022).

Rois menilai, belanja modal sebesar angka 14 persen dalam R-APBD Kota Pekanbaru 2023 tersebut belum mampu membantu tiga program prioritas Pj Walikota Pekanbaru.

"Saya melihat, kalau cuman 14 sekian persen ya sangat jauhlah dari harapan Pj Walikota dalam menuntaskan tiga persoalan itu," ujarnya.

DPRD Kota Pekanbaru saat ini telah rampung membahas KUA-PPAS Rancangan APBD Tahun 2023 dengan mitra kerjanya. Salah satunya adalah menyerahkan laporan-laporan dari Komisi dan langsung menyerahkan kepada Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Kota Pekanbaru.

Rois menegaskan, Komisi IV pada prinsipnya mendukung dan siap mengawal anggaran untuk mengatasi permasalahan banjir, pengelolaan sampah dan perbaikan infrastruktur.

"Kalau arah anggarannya itu bersebrangan dengan kebutuhan yang langsung bersentuhan dengan masyarakat, maka itu yang akan kita coba minimalisir," ujarnya.

Politisi PKS ini juga menekankan anggaran diajukan dari setiap OPD yang bersifat tidak mendesak dan tidak langsung bersentuhan dengan masyarakat untuk sementara waktu ditunda.

"Kedepan, nanti di banggar pun akan kita coba pertahankan anggaran untuk mengatasi banjir, sampah dan infrastruktur. Tentu dengan argumentasi yang yang jelas," tutup Rois. (end)

Penulis
: Endi Dwi Setyo
Editor
: Riki
Sumber
: Datariau.com
JIKA MENEMUKAN BERITA KAMI TIDAK SESUAI FAKTA, SEGERA HUBUNGI 0813 3966 1966 (Chat WhatsApp Only)