Sangat Disayangkan Randis Ambulance Puskesmas Perawang Dibiarkan Terbengkalai

Hermansyah
3.389 view
Sangat Disayangkan Randis Ambulance Puskesmas Perawang Dibiarkan Terbengkalai
Kendaraan Dinas Ambulance Puskesmas Perawang.

SIAK, datariau.com - Beberapa unit kendaraan dinas (randis) roda empat jenis ambulace terlihat terbengkalai pada parkiran Kantor Dinas Kesehatan (Dinkes), Kabupaten Siak beberapa waktu lalu. Tak ubahnya ambulance milik Puskesmas Perawang, Kecamatan Tualang.

Pantauan dilapangan, setidaknya ada satu unit kendaraan dinas roda empat, ukuran mini bus. Pada bodi kendaraan warna putih itu terlihat kotor bertuliskan 'Ambulance Puskesmas Perawang APBD Kabupaten Siak TA. 2008' dan terparkir rapi tak beratap (tertutup), terletak di belakang bengkel kendaraan roda empat di Kampung Pinang Sebatang Timur.

Kendaraan itu terlihat memperhatinkan. Roda-roda kendaraan sudah terlihat rusak dan bodi kendaraan pun tampak berkarat tak terurus. Selain itu, pelaknya juga berkarat.

Selain kotor dan berdebu, pada beberapa bagian kendaraan sudah terlihat keropos. Kendaran yang terparkir tersebut masih terlihat melekat nomor polisi khusus berwarna merah yang identik dengan kendaraan dinas.

Kondisi mobil terkunci. Sehingga tak bisa dilihat dan tak bisa diketahui bagian dalamnya. Untuk kap mobil juga tertutup.

Dari informasi yang diterima dilapangan kendaraan itu sudah lama terparkir dan tak digunakan lagi. "Seingat saya sudah lama kendaraan itu tidak digunakan lagi dan tidak disentuh (diperbaiki)," kata seseorang yang enggan menyebut namanya saat dijumpai wartawan berada di bengkel tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Siak dr Toni Chandra saat dikonfirmasi datariau com, Senin (23/12/2019) pagi, mengatakan kendaraan dinas Puskesmas Perawang itu bukan merupakan tanggungjawabnya, melainkan tanggungjawab Puskesmas terkait.

"Saya lagi ada rapat, untuk ambulance itu tanggungjawab puskesmasnya, coba dihubungi pihak puskesmasnya," sebut Toni.

Sementara Kepala Puskesmas Perawang drg Nedra saat dihubungi melalui sambungan kontak seluler dalam keadaan tidak aktif. Begitu juga halnya pesan singkat WhatsApp dalam keadaan mati atau diblokir.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Siak Robby Cahyadi SH beberapa waktu lalu menyayangkan kendaraan dinas roda empat (ambulance) Dinkes Kabupaten Siak milik Puskesmas Perawang tersebut.

"Saya kurang tau ya, itu ambulance apakah masih layak pakai atau tidak, kalau layak pakai yang digunakan dan kalau tidak diperbaiki di lelang. Sangat disayangkan, kalau terbuang dan tidak digunakan begitu saja," pungkas Robby beberapa waktu lalu.

Kalau memang tidak bisa diperbaiki dan tidak layak lagi, kata Robby, kita lakukan lelang. Kalau layak pakai, maka diperbaiki dan berikan kepada yang membutuhkan atau dihibahkan.

"Di Tualang, baik di kecamatan lain, jika terbengkalai ambulance itu kita sangat sayangkan. Kenapa tidak di manfaatkan," tandasnya.

Penulis
: Hermansyah
Editor
: Redaksi