4 Sirup Obat Batuk Ini Diduga Sebabkan Penyakit Ginjal pada Anak

Admin
446 view
4 Sirup Obat Batuk Ini Diduga Sebabkan Penyakit Ginjal pada Anak
Ilustrasi (Foto: Internet)

DATARIAU.COM - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mengeluarkan peringatan global untuk empat sirup obat batuk dan demam yang diduga berkaitan dengan kematian 66 anak di Gambia.

Keempat obat sirup tersebut yakni Promethazine Oral Solution, Kofexmalin Baby Cough Syrup, Makoff Baby Cough Syrup dan Magrip N Cold Syrup.

WHO menyebut, keempat obat diproduksi oleh perusahaan India, Maiden Pharmaceuticals, yang diduga tak memiliki jaminan keamanan.

Analisis laboratorium dari sampel empat produk menunjukkan bahwa semua oba sirup tersebut mengandung dietilen glikol dan etilen glikol sebagai kontaminan yang jumlahnya melebihi batas aman sehingga bisa menjadi racun dan menyebabkan cedera ginjal akut.

Baca juga: BPOM RI Larang 2 Bahan Berbahaya di Obat Sirup Usai 70 Anak Meninggal Gagal Ginjal


Orang tua korban mengungkapkan bagaimana anak-anak mereka berhenti buang air kecil setelah diberi sirup, menurut laporan BBC. Ketika kondisi anak memburuk, upaya untuk menyelamatkan hidup mereka tidak lagi membuahkan hasil.

Melansir Reuters, Presiden Gambia Adama Barrow pada hari Jumat (7/10/2022) mengatakan lonjakan kasus cedera ginjal akut yang kemungkinan terkait dengan sirup parasetamol dan menewaskan puluhan anak dalam beberapa bulan terakhir telah terkendali.

Dalam dua pekan terakhir, hanya ada 2 kasus serupa yang dilaporkan.

Pihak berwenang Gambira meluncurkan penyelidikan pada September lalu setelah dokter melaporkan sejumlah anak mengalami gejala setelah meminum sirup parasetamol yang dijual secara lokal untuk mengobati demam.

Maiden mengatakan bahwa perusahaan baru mendengar tentang kasus kematian dan masih berusaha mencari tahu detailnya.

Presiden Barrow mengatakan kementerian kesehatan Gambia bekerja sama dengan WHO dan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS.

Beberapa sampel sirup yang dikirim ke Senegal, Ghana, Prancis dan Swiss untuk pengujian menunjukkan tanda-tanda kontaminasi, tambahnya tanpa rincian lebih lanjut.

Baca juga: 150 Anak Alami Gangguan Ginjal Akut, Kenali Gejala dan Ciri-cirinya

JIKA MENEMUKAN BERITA KAMI TIDAK SESUAI FAKTA, SEGERA HUBUNGI 0813 3966 1966 (Chat WhatsApp Only)