Plt Bupati Meranti Buka Bimbingan Manasik Haji Tahun 2024

datariau.com
352 view
Plt Bupati Meranti Buka Bimbingan Manasik Haji Tahun 2024

MERANTI, datariau.com - Pelaksana tugas (Plt) Bupati Kepulauan Meranti AKBP (Purn) H Asmar membuka bimbingan manasik haji tingkat Kabupaten Kepulauan Meranti 1445 hijriah tahun 2024, di Gedung Afifa Selatpanjang, Selasa (7/5/2024).

Asmar mengucapkan selamat melaksanakan manasik haji bagi Calon Jamaah Haji (CJH) Kepulauan Meranti. Dikatakannya sebelum berangkat melaksanakan ibadah haji, CJH terlebih dahulu mempersiapkan diri secara matang, baik dalam bentuk materi maupun ilmu pengetahuan.

"Sehingga dalam melaksanakan ibadah haji nantinya bisa memperoleh hasil yang baik dan memuaskan, yaitu haji yang mabrur," ujar Asmar.

Dijelaskannya, untuk kelancaran CJH dalam melaksanakan ibadah haji, Pemkab Kepulauan Meranti bersama Kantor Kementerian Agama melakukan kegiatan pelatihan atau manasik haji.

"Ini kesempatan bagi CJH untuk menambah dan memperdalam ilmu tentang pelaksanaan ibadah haji, sehingga apa yang dilaksanakan nantinya tidak akan sia-sia," sebutnya.

Lebih lanjut, Asmar berpesan agar para CJH Kepulauan Meranti untuk tetap menjaga kesehatan, keselamatan, serta menjaga kekompakan dan saling membantu satu sama lain.

"Mohon juga doanya, agar saya tetap amanah dan istikomah dalam memimpin Kabupaten Kepulauan Meranti," harapnya.

Dia juga mengingatkan para petugas haji Kepulauan Meranti yang ditugaskan mendampingi CJH untuk memberikan pelayanan terbaik. Khususnya terhadap jamaah dengan risiko tinggi, seperti para lansia.

"Para petugas diutus nantinya harus dapat mempermudah urusan para jemaah, sekaligus menjadi amal ibadah utama bagi yang bersangkutan guna mengantar seluruh jamaah menjadi haji mabrur," tegasnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Kesra Setdakab Kepulauan Meranti Syafrizal melaporkan jumlah CJH Kepulauan Meranti tahun 2024 sebanyak 109 orang. Terdiri dari 43 laki-laki dan 66 perempuan, dengan 48 orang yang berusia di atas 65 tahun (lansia).

"Kegiatan manasik haji ini akan dilaksanakan selama tiga hari, yakni dari tanggal 7 Mei sampai dengan 9 Mei 2024 di Selatpanjang," terang Syafrizal.

Dalam kesempatan itu juga dilakukan doa bersama untuk salah seorang tokoh agama sekaligus Kepala Sub Bagian TU Kemenag Kepulauan Meranti Buya H Jasmail, yang berpulang menghadap Allah, Senin (6/5/2024) lalu. (put)

Penulis
: Putra
JIKA MENEMUKAN BERITA KAMI TIDAK SESUAI FAKTA, SEGERA HUBUNGI 0813 3966 1966 (Chat WhatsApp Only)