Munculnya Figur Baru Jadi Ancaman Prabowo pada 2024

Ruslan
142 view
Munculnya Figur Baru Jadi Ancaman Prabowo pada 2024
Foto: viva

DATARIAU.COM - Pakar ilmu politik pada Universitas Padjadjaran Bandung Firman Manan menilai rencana Partai Gerindra untuk mencalonkan lagi Prabowo Subianto sebagai presiden pada pemilu 2024 bukanlah keputusan bulat.

Alasannya, pertama, rencana itu untuk menunjukkan bahwa Partai Gerindra masih solid mendukung Prabowo. Kedua, rencana itu dimaksudkan untuk melihat sejauh mana respons partai lain dan publik secara umum.

Pertama, menurut Firman, internal partai yang solid menginginkan Prabowo kembali menjadi calon dan direspons kesiapan Prabowo untuk kembali diusung. Kedua, kata dia, hal itu dimaksudkan untuk melihat sejauh mana respons dari partai lain dan publik.

Yang pasti, Firman mengingatkan, Prabowo maupun Gerindra mesti menyadari bahwa telah muncul generasi atau figur baru calon pemimpin, misalnya Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Ridwan Kamil.

"Secara eksternal, saya pikir, ini juga upaya untuk melihat respons yang pertama dari elite partai di luar Gerindra, artinya nanti melihat sejauh mana partai di luar Gerindra yang berminat untuk berkoalisi untuk mendukung Pak Prabowo," ujar Firman, Senin, 11 Oktober 2021.

Tren menurun

Kans Prabowo kembali maju sebagai calon presiden, katanya, masih cukup besar meskipun ada figur muda potensial yang dapat menggeser tokoh-tokoh lama. "Tingkat elektabilitasnya (Prabowo Subianto) itu tidak terlalu tinggi dibandingkan kandidat lain, misalnya ada nama Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, dan lain-lain," katanya.

Bahkan, katanya, menurut sejumlah lembaga survei, tingkat elektabilitas Prabowo mengalami tren menurun, sehingga itu menjadi pekerjaan tambahan untuk Gerindra.