Mengenang G30S/PKI, Warganet Ramai Bincangkan Pengibaran Bendera Setengah Tiang

Sindy Aprilia Dwiyanti
178 view
Mengenang G30S/PKI, Warganet Ramai Bincangkan Pengibaran Bendera Setengah Tiang
Gambar : unpad.ac.id

DATARIAU.COM - Mengenang peristiwa G30S/PKI, media sosial twitter dipenuhi dengan cuitan warganet mengenai sejarah G30S PKI. Cuitan tersebut membahas tentang imbauan bendera setengah tiang hingga pengalaman menonton film G30S PKI yang diwajibkan semasa kecil.

Gerakan 30 September Partai Komunis Indonesia (G30S PKI) merupakan bagian dari sejarah kelam bangsa Indonesia dalam transisi era orde lama ke orde baru. Peristiwa tersebut melibatkan pembunuhan dan pertumpahan darah sejumlah petinggi TNI kala itu.

Mengenai imbauan pengibaran bendera setengah tiang biasa dilakukan sebagai bentuk duka atas sebuah peristiwa. Pengibaran bendera setengah tiang di sejumlah lembaga pemerintah mengikuti Surat Edaran Menristekdikti Nomor: 64262/MK.F/TU.02.03/2021 tertanggal 22 September 2021 perihal penyelenggaraan Upacara Bendera Peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2021.

Sebelumnya, instruksi pengibaran bendera setengah tiang ini dilakukan pada tanggal 30 September 2021 yang diterbitkan oleh pemerintah kota Semarang. Serta pengibaran bendera satu tiang penuh pada tanggal 1 Oktober 2021 dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) juga turut memasang bendera setengah tiang di gedung Merah Putih, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Kamis (30/9).

"Memperingati Hari Kesaktian Pancasila," kata Pelaksana tugas juru bicara KPK Ali Fikri dalam keterangannya yang kutip dari Tvonenews.com.

Selain itu, Kementerian Pertahanan (Kemhan) Republik Indonesia juga menghimbau masyarakat untuk mengenang peristiwa mengibarkan bendera setengah tiang ini, yang ditulis melalui akun Twitter resminya.

"Dalam rangka menyambut Hari Kesaktian Pancasila pada 1 Oktober 2021 & bentuk hormat kepada para Pahlawan Revolusi, maka diimbau kepada warga Kemhan, untuk mengibarkan bendera setengah tiang pada hari ini, Kamis 30 Sept 2021. Dan, satu tiang penuh pada 1 Oktober 2021," tulisnya.

Hingga banyak cuitan dari warganet yang turut mengajak dan menghimbau untuk mengibarkan bendera setengah tiang.

Dari akun @pakmul63 menuliskan "Teman2….yuk kibarkan bendera setengah tiang, untuk tidak melupakan sejarah kelam kekejaman G30SPKI. Semoga Indonesia ke depan semakin baik," tulisnya Kamis (30/9/2021).

"Jangan ada lagi 30 september yang kelam, cukup dikenang tidak untuk diulang, mari kibarkan bendera setengah tiang," tulis akun @jupjups_juple dalam cuitannya.

Sebagian lain mengajak untuk mendoakan para pahlawan yang telah gugur dalam peristiwa tersebut.

"Indonesia mari mengheningkan cipta sejenak. Untuk mengenang sekaligus mendo'akan para pahlawan kita yang telah gugur," tulis akun twitter @NonamellyEuria.

Penulis
: Maizatul Akmam