Amerika Serikat Kirim Pesawat Pembom untuk Setop Kemajuan Taliban

Admin
236 view
Amerika Serikat Kirim Pesawat Pembom untuk Setop Kemajuan Taliban

DATARIAU.COM - Amerika Serikat (AS) telah mengerahkan pesawat pembom di Afghanistan dalam perang melawan Taliban ketika kelompok itu terus menambah wilayah yang dikuasainya.

Washington telah mengirim beberapa pesawat pembom B-52 ke wilayah udara Afghanistan untuk pertama kalinya dalam lebih dari setahun.

Dijuluki "stratofortress", B-52 yang telah diterbangkan Angkatan Udara AS sejak 1950-an adalah salah satu aset utamanya, yang mampu melakukan penghancuran besar-besaran.

Taliban pada Jumat mengklaim menguasai ibu kota provinsi pertama sejak penarikan pasukan Barat setelah merebut Zaranj di provinsi barat daya Nimroz.

Angkatan Udara Afghanistan telah berjuang tanpa adanya dukungan Barat. Afghanistan mengaku kekurangan amunisi, persediaan dan pilot jet tempur, karena "telah habis" untuk misi reguler.

Lebih dari sepertiga armada pemerintah Afghanistan yang terdiri atas 162 pesawat dan helikopter tidak dapat dioperasikan sejak kontraktor AS meninggalkan negara itu.

Sumber pertahanan AS mengatakan kepada The Times bahwa pesawat B-52 terbang ke Afghanistan dari pangkalan udara Al-Udeid di Qatar.

Pesawat pembom itu menyerang posisi Taliban di sekitar Kandahar, Herat dan Lashkar Gah, tiga kota yang berisiko dikuasai Taliban.