Wartawan di Ancam, Perihal Tertangkapnya Pelaku Illegal Logging Dilahan PT CPI Minas Timur

Hermansyah
1.749 view
Wartawan di Ancam, Perihal Tertangkapnya Pelaku Illegal Logging Dilahan PT CPI Minas Timur
Pelaku illegal logging yang ditangkap Unit Reskrim Polsek Minas di area operasi PT CPI Minas Barat.

SIAK, datariau.com - Illegal logging yang berlangsung cukup lama terjadi di area operasi PT Chevron Pasifik Indonesia (CPI) Minas Timur, Kecamatan Minas, Kabupaten Siak, Riau, dan ditangkapnya para pelaku, Selasa (1/10/2019) kemarin.

Dan atas penangkapan tiga pelaku pembalakan liar (illegal logging) tersebut, membuat gerah salah seorang oknum mantan Kepala Desa Minas Barat inisial BG dan mengancam salah satu rekan jurnalist (wartawan) agar melepaskan ketiga pelaku illegal logging yang di amankan pihak kepolisian setempat.

Berupa bahasa pengancaman oleh oknum mantan Kepala Desa (penghulu) Minas Barat tersebut disampaikan oleh Penghulu Kampung Minas Barat Ayang Bahari kepada wartawan di Kantor Desa Minas Barat, Kecamatan Minas, Kabupaten Siak, Rabu (2/10/2019).

"Ndak, dia gini, waktu itu kan kejadian unjuk rasa masyarakat di Chevron, di media sosial Facebook dan WhatsApp mereka tanyakan perihal Idris Harahap, dan kebetulan dia tinggal di Minas. Mereka minta cabut dan lepaskan tiga orang itu, penyampaian ini langsung ke kantor dan WA saya," ujarnya.

Menurut Ayang Bahari sambil menceritakan kepada wartawan bahwa penyampaian tersebut juga dilakukan oleh teman teman pelaku diduga adanya keterlibatan dalam kasus illegal logging di area operasi PT CPI Minas Timur kemarin.

"Ada bang, kebetulan saya dalam perjalanan menuju Siak bawa mobil, nanti ada itu kode etik (fee). Dengan penangkapan pelaku illegal logging ini sepertinya ada kongkali kalikong antara oknum kepala desa dengan para pelaku tersebut," sebut Penghulu Kampung Minas Barat Ayang Bahari kepada datariau.com, Kamis (3/10/2019) pagi.

Jurnalist (wartawan) salah satu media online Kabupaten Siak itu sebelumnya menyebutkan, dia mendapatkan informasi bahwa pelaku illegal logging yang melakukan pembalakan liar di area operasi PT CPI Minas Timur telah ditangkap Unit Reskrim Polsek Minas, Selasa (1/10/2019) kemarin. 

"Pelaku illegal logging kemarin di Minas itu sudah tertangkap bang, waktu itu aku ke Kantor Desa Minas Barat. Saat itu penghulu bertanya darimana aja lae, dari tadi ditanya dan dicariin sama BG, pokoknya lae sudah dicari sama orang itu, hati hati ajalah lae," kata dia menirukan apa yang disampaikan Penghulu Minas Barat kepadanya.

Dia, lanjutnya, sekira pukul 04.00 WIB dini hari menjelang pagi, sempat mendapatkan telpon dan mengatakan hati hati lagi, kalau bisa pergi dari Kecamatan Minas. Dan pagi tadi, Kamis (3/10/2019) dia menelpon kembali, untuk segera meninggalkan Minas.

"Bagaimana lae, udah jadi pergi, orang itu lagi mencari lae. Dia suruh saya pergi mengamankan diri waktu jumpa pertama di kantor desa, cuma perihal itu hanya menyampaikan hati-hati lae lagi dicariin orang itu," kata dia.

Kalau bisa, lanjut dia lagi, melanjutkan perkataan Penghulu Kampung Minas Barat Ayang Bahari kepada wartawan tersebut menyarankan agar mengamankan diri terlebih dulu (sembunyi) dan memcoba untuk berkoordinasi dengan pimpinan media.

Penulis
: Hermansyah
Editor
: Redaksi
Punya rilis yang ingin dimuat di datariau.com? Kirim ke email datariau.redaksi@gmail.com