Kadis Ketahanan Pangan Kabupaten Kampar Apresiasi KRPL di Kelurahan Langgini, Setiap Rumah Ada Kebun Sayur

Admin
834 view
Kadis Ketahanan Pangan Kabupaten Kampar Apresiasi KRPL di Kelurahan Langgini, Setiap Rumah Ada Kebun Sayur
BANGKINANG KOTA, datariau.com - Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) Kelompok Wanita Tani (KWT) 'Kenanga' di Kelurahan Langgini Kecamatan Bangkinang Kota mendapat apresiasi dari Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Kampar Ir H Cokroaminoto MM. KTW ini dengan program KRPL telah menghasilkan inovasi yang membanggakan.

"Alhamdulillah, Kawasan Rumah Pangan Lestari Kelompok Tani Wanita 'Kenanga' sudah berjalan dengan baik, seperti yang kita lihat di setiap rumah para anggota sudah menanam sayuran dan sebagainya," demikian dikatakan Cokroaminoto, saat menggelar Soosialisasi Teknologi Pemanfaatan Lahan Pekarangan di Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) Kelompok Wanita Tani (KWT) 'Kenanga' Kelurahan Langgini Kecamatan Bangkinang Kota dengan peserta Forum Anak Kampar, Jumat (11/10/2019).

Acara sosialisasi ini dihadiri Kadis Ketahanan Pangan Kampar Ir H Cokroaminoto MM beserta jajaran, Kabid Perlindungan Anak DPPKBP2A Satiti Rahayu, pemateri Hj Ramna Martina selaku pendamping Kelompok Tani Kenanga dengan peserta dari Forum Anak Kampar.



Dalam kesempatan itu Cokroaminoto mengatakan, program KRPL ini dengan menghimpun ibu-ibu dalam wadah kelompok tani, Kelompok Wanita Tani nanti akan memanfaatkan pekarangan yang mereka miliki masing-masing.

"Di kawasan KRPL yang dikelola kelompok tani Kenanga ini ada satu unit Green House akan menghasilkan benih atau bibit yang diperlukan untuk ditanami di lahan pekarangan, seperti terong, cabe, tomat, brokoli dan banyak lagi," jelasnya.

Ditambahkan Cokro, kedepannya Pemkab Kampar akan menjadikan perioritas pembangunan di desa melalui Dana Desa. "Kita akan mencoba menerapkan program KRPL atau desa mandiri pangan di setiap desa," terangnya.

Sementara itu, Ketua Kelompok Tani Wanita 'Kenanga' mengatakan, sebenarnya KWT ini sudah lama terbentuk, berawal dari rasa keprihatinan harga barang-barang kebutuhan di pasar mahal.

"Lalu timbul ide kenapa kita tidak memanfaatkan lahan pekarangan kita. Dengan adanya KRPL ini sangat tetasa sekali manfaatnya, kapan ibu-ibu perlu sayur tidak perlu ke pasar lagi karena sudah tersedia disini serta bisa mengefesiensi waktu kita," terangnya.



"Dengan adanya acara sosialisasi ini kita berterima kasih kepada Kadis Ketahanan Pangan dan jajaran yang telah men-suport kami dan membuat kami bertambah semangat untuk mengembangkannya," pungkasnya. (das)