Dinsos dan BPBD Siak Salurkan Bantuan Logistik Buat Korban Kebakaran di Kelurahan Perawang

Hermansyah
825 view
Dinsos dan BPBD Siak Salurkan Bantuan Logistik Buat Korban Kebakaran di Kelurahan Perawang
Dinas Sosial dan BPBD Kabupaten Siak saat tinjau lokasi kebakaran di Kelurahan Perawang.

SIAK, datariau.com - Dinas Sosial dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Siak salurkan bantuan kepada korban kebakaran yang terjadi di RT04/RW03 Kelurahan Perawang Kecamatan Tualang, Ahad (04/8/2019) kemarin.

Didampingi oleh Camat Tualang Zalik Effendi Ssos bersama Kepala Kelurahan Perawang Nanang Suhendar SSTP, Senin (5/8/2019), sambangi lokasi kebakaran dan menyerahkan langsung bantuan logistik tersebut.

"Untuk bantuan bangunan renovasi tergantung persentase kerusakan rumahnya pak dan ada pula persentase untuk menganti sendiri. Ada persyaratannya seperti rumah harus milik sendiri, memiliki surat tanah hak milik (SKGR) dan harus ada laporan dari pihak kepolisiannya," kata Kasi Perlindungan Sosial dan Perlindungan Bencana Alam Yosi, Senin (5/8/2019) pagi.

Sementara itu Kepala Dinas BPBD Kabupaten Siak melalui Kabid Kedaruratan dan Logistik Diva Indra Putra menjelaskan, BPBD hanya memberikan bantuan berupa logistik bagi korban kebakaran saat ini.

"Kalau kita dari BPBD itu memberikan bantuan untuk meringankan beban bagi korban kebakaran ini berupa logistik perlengkapan sehari-hari. Sedangkan untuk bantuan bantuan rumah itu langsung ke Dinas Sosial, intinya harus memiliki surat atas kepemilikan tanah dan rumah (SKGR)," jelas Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Siak Diva Indra Putra kepada datariau.com, Senin (5/8/2019).

BPBD Kabupaten Siak itu sebenarnya hanya mengurusi bencana salah satu seperti Karhutla. Sedangkan untuk bencana lainya dilihat dari berapa besar kerusakanya dan yang di hitung, kemudian itu yang akan di ganti.

"Ada nanti tim yang cek lokasi itu dari Bidang Rehabilitasi dan Rekontruksi yang menghitung," pungkasnya.

Editor
: Hermansyah
Sumber
: Datariau.com