Pos Imigrasi dan Bea Cukai Pertama, Penunjang Perekonomian di Pekanbaru

Ruslan
190 view
Pos Imigrasi dan Bea Cukai Pertama, Penunjang Perekonomian di Pekanbaru
Foto: Winda Febiola
Cagar Budaya Nasional, Pos Imigrasi pertama di Pekanbaru.

PEKANBARU, datariau.com - Pos Imigrasi pertama Pekanbaru dikenal juga sebagai Eks Rumah Haven Meester. Berada di kawasan PT. Pelindo di Jalan M. Yatim, Pekanbaru.

Pos ini diyakini sebagai Pos Imigrasi pertama di Pekanbaru. Pos imigrasi ini pada masa itu merupakan tempat untuk melancarkan dan mengatur jadwal keberangkatan dan kedatangan kapal yanga akan tiba di Pekanbaru.

Letaknya dekat dengan kawasan pelabuhan, untuk memudahkan pengerjaan dilapangan. Sebagai pengatur jadwal keberangkatan, pos ini dididrikan pada tahun 1929. Adanya Pos ini memudahkan pemerintah dalam memantau kapal dan barang apa saja yang akan masuk ke Riau.

Bangunan Pos ini terdiri dari 6 kamar. Pada asaat itu, keenam kamar tersbut aktif digunakan sebagai kantor pekerjaan. Namun mengingat pekerjaannya yang menyinggung kearsipan, perlahan-lahan, satu per satu kamar-kamar itudijadikan sebagai gudang penyimpanan arsip. Sampai pada ketika ditahun 2006, arsip tersebut disimpan sebagai file dokumen dan arsip kertas (Asli) telah dibakar.

Saat ini, Pos ini dihuni oleh Sidaeng, begitu orang mengenalnya. Beliau menempati dan menjaga pos ini sudah selama 20 tahun. Saat ini beliau tinggal bersama keluarga nya disana. menurt pemaparan beliau, Pos Imigrasi ini telah melakukan satu kali renovasi saat terjadi kerusakan yang lumayan parah, namun tida menghilangkan keaslian dari bangunan ini.

Pos Imigrasi ini dikatakan sebagai penunjang ekonomi karena keberadaan yang membantu melancarkan proses lalu lintas dan penyebrangan dipelabuhan yang letaknya tak berjauhan itu.

Disebrang Pos Imigrasi, terdapat bangunan Bea Cukai pada masa itu, tempat itu juga merupakan mess (tempat tinggal dinas) staff dan pegawai pada masa itu. Jadi dapat dipastikan bahwa bangunan tersebut berupa kamar-kamar. Hingga saat ini, bangunan ini masih dijaga oleh satpam dan terkadang juga di tempati oleh staff secara bergantian.

Kantor Bea Cukai ini juga merupakan penunjang ekonomi karena keberadaannya sebagai badan yang memfilter dan menyaring barang-barang apa saja yang akan masuk dan keluar dari Riau. Badan ini juga yang menetapkan kepada barang-barang apa saja yang akan dikenakan pajak dan berapa nominalnya.

Hingga saat ini, Kantor Pos Imigrasi dan Bea Cukai ini telah ditetapkan sebagai Cagar Budaya Nasional dan tetap dijaga dan dirawat keaslian bangunannya. (ril)

Penulis
: Winda Febiola
Sumber
: Datariau.com
Kirim berita, hak jawab, laporan: 0813 3966 1966 (Chat WhatsApp Only)