Mahasiswa KKN DR UIN Suska Riau 2021 Membuat Bak Sampah di Dusun Sungai Pinang, Desa Tanah Merah

Admin
144 view
Mahasiswa KKN DR UIN Suska Riau 2021 Membuat Bak Sampah di Dusun Sungai Pinang, Desa Tanah Merah

INHIL, datariau.com - Mahasiswa kuliah kerja nyata (KKN) Dari Rumah Universitas Negri Sultan Syarif Kasim Riau 2021 melaksanakan program pembuatan bak sampah di Dusun Sungai Pinang, Desa Tanah Merah, Kecamatan Tanah Merah, Kabupaten Indragiri Hillir.

Pembuatan bak sampah berlangsung selama tiga hari mulai dari Selasa 10 Agustus 2021 hingga Kamis 12 Agustus 2021.

Pembuatan bak sampah dilakukan bekerja sama dengan Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Riau dan Universitas Negri Padang yang juga melakukan pengabdian di desa tersebut.

Pengerjaan bak sampah ini juga melibatkan kepala dusun beserta warga sekitar. Bak sampah ini berjumlah tiga buah yang diletakkan di antara masing-masing blok yang ada di dusun tersebut.

Pembuatan bak sampah ini didasari karena sulitnya warga sekitar untuk membuang sampah rumah tangga karena bak yang tersedia di dusun tersebut jauh dari pemukiman, sehingga banyak warga yang akhirnya membuang sampah sembarangan.

Hal inilah yang membuat mahasiswa berinisiatif membuat bak sampah disetiap antara blok perumahan yang ada, agar lebih memudahkan pembuangan sampah.

Ketua Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Negri Sultan Syarif Kasim Riau, Syahrul Aenaeni Hanas mengatakan, pembuatan bak sampah ini agar lebih menyadarkan warga sekitar untuk selalu membuang sampah di tempat yang semestinya.

“Menurutku program ini perlu dilaksanakan karena biar lebih menyadarkan warga untuk selalu membuang sampah pada tempatnya,” kata Syahrul.

Kepala dusun sungai pinang, Agus Riyadi menyambut baik pembuatan bak sampah ini dan merasa sangat tertolong sekali.

“Kami sangat merasa tertolong dengan adanya program pembuatan bak sampah ini sehingga warga disini tak perlu angkut jauh-jauh tempat pengumpulan sampah,” ujar Agus.

Dengan adanya bak sampah ini diharapkan warga sekitar tidak kesulitan dan tidak perlu jauh-jauh lagi untuk membuang sampah. (rls)

Penulis
: Rahmat Asyura