Sekolah di Kuok Terima CSR


240 view
Sekolah di Kuok Terima CSR
Foto: Int

DATARIAU.COM - Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-60, PT Wijaya Karya (WIKA) (Tbk) Persero melangsungkan kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) berupa "WIKA Mengajar tahun 2020" dengan tema: Pendidikan untuk anak bangsa, di 60 wilayah proyek WIKA se-Indonesia, yang secara serentak dilakukan pada 3-15 Februari 2020.

Tujuan dari kegiatan ini adalah agar WIKA dapat menginspirasi para siswa/i SMAN 2 Kuok melalui berbagai cerita tentang profesinya, serta menanamkan nilai kebaikan, kerja keras dan tekad yang kuat dalam membangun negeri melalui perannya sebagai generasi muda.

Selain itu melalui salah satu pilar CSR yakni WIKA Pintar, WIKA memberikan bantuan fasilitas belajar mengajar kepada sekolah tempat dimana kegiatan WIKA mengajar tahun 2020 ini berlangsung. Sehubungan dengan pemilihan sekolah yang berdekatan dengan lokasi proyek Pembangunan Jalan Tol Ruas Pekanbaru-Padang seksi Bangkinang-Pangkalan, maka terpilihlah SMAN 2 Kuok yang beralamat di Kecamatan Kuok.  

Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Kuok (SMAN 2 Kuok) dibangun pada tahun 2013, dengan 32 tenaga pendidik (PNS dan honorer) dan jumlah siswa/i 154 orang. Memiliki total ruang kelas sebanyak 7 kelas terdiri dari ruang kelas 10 sebanyak 2 kelas, ruang kelas 11 sebanyak 2 kelas dan ruang kelas 12 sebanyak 3 kelas.

Adapun pelaksanaan kegiatan diadakan pada Rabu, 12 Februari 2020 bertempat di SMUN 2 Kuok. Pesertanya dari tim proyek, guru dan siswa/i SMUN 2 Kuok. Dengan agenda pertama yakni sharing dengan Manajer Proyek Yusri Amri, sekaligus pengenalan proyek pembangunan jalan tol ruas Pekanbaru-Padang seksi Bangkinang-Pangkalan.

Agenda kedua yaitu sharing kesehatan bekerja sama dengan Puskesmas Kuok yang temanya disesuaikan dengan program penyuluhan untuk remaja yaitu bahaya HIV/AIDS dan pencegahannya.

Sharing session oleh Manajer Proyek Pembangunan Jalan Tol Ruas Pekanbaru-Padang, Yusril Amri dimaksudkan untuk menumbuhkan semangat para siswa/i bahwa akan selalu ada kesempatan bagi mereka untuk menempuh pendidikan.  

Sharing mengenai pengalaman MP mulai dari masa pendidikan hingga selama bekerja di WIKA, sekaligus memperkenalkan proyek Tol Pekdang ke siswa/i SMAN 2 Kuok. Sesuai dengan visi Indonesia Maju oleh Presiden Jokowi, menekankan bahwa kehidupan global saat ini berjalan sangat dinamis, penuh perubahan, penuh kecepatan penuh risiko, penuh kompleksitas dan penuh kejutan-kejutan, yang sering jauh dari kalkulasi.

Sharing kesehatan yakni Tim Proyek bekerjasama dengan pihak Puskesmas Kuok untuk memberikan penyuluhan kesehatan kepada siswa-siswi SMAN 2 Kuok. Tema kesehatan disesuaikan dengan program penyuluhan pusesmas terhadap siswa/i SMA, maka terpilihlah tema Pencegahan AIDS.

Acara juga diselingi kegiatan doorprize dan tanya jawab seputar pengetahuan mengenai kesehatan agar lebih meriah.

Dalam rangka program WIKA Hijau, tim proyek juga melakukan penanaman bibit pohon buah dan pohon untuk menambah asri lingkungan sekolah.

Penyerahan bantuan buku bukan bahan kurikulum dengan tema-tema yang sesuai dengan perkembangan psikologis remaja dan tema kekinian dimaksudkan agar siswa/i SMUN 2 Kuok mendapatkan inspirasi sehingga dapat menjadi pribadi yang kreatif dan berjiwa entrepreneurship.

Edukasi penerapan 3R (Reduce, Reuse, Recycle) melalui penyediaan tong sampah sesuai standar dibedakan menjadi 3 bagian yaitu Organik, Nonorganik dan B3. Pemberian bantuan fasilitas olahraga berupa net dan bola futsal dan bola voli serta penambahan karpet musala di SMAN 2 Kuok.

Wakil Kepala Kesiswaan SMAN 2 Kuok, Adri Mustabar SPd mengucapkan terima kasih terhadap kepedulian PT WIKA. Di mana bantuan yang telah diberikan untuk sekolah itu dinilai sangat membantu pihak sekolah yang diharapkan berdampak positif bagi sekolah atau anak didik. "Bantuan yang telah diberikan sangat bermanfaat bagi sekolah. Kami berharap kerjasama ini bisa terus berlanjut ke depannya," ungkapnya.(*)

Editor
: Ruslan Efendi
Sumber
: https://riaupos.co/225167-berita-sman-2-kuok-terima-csr-dari-pt-wijaya-karya-pesero-tbk.html
Punya rilis yang ingin dimuat di datariau.com? Kirim ke email datariau.redaksi@gmail.com