Di HUT PGRI ke 74 dan HGN Tahun 2019 Ini Guru Dapat Tingkatkan Kompetensi dan Prestasi

Hermansyah
6.435 view
Di HUT PGRI ke 74 dan HGN Tahun 2019 Ini Guru Dapat Tingkatkan Kompetensi dan Prestasi
Korwilcam Dikbud Tualang Hj Zahroni MPd.

SIAK, datariau.com - Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) ke 74 dan Hari Guru Nasional (HGN) Tahun 2019 yang berlangsung di halaman kantor Kordinator Wilayah Kecamatan Pendidikan dan Kebudayaan berlangsung antusias yang di ikuti oleh guru se-Kecamatan Tualang, Sabtu (16/11/2019) pagi.

Untuk menyemarakan Peringatan HUT PGRI ke 74 dan HGN Tahun 2019 di Kecamatan Tualang tersebut, di adakan dengan gerak jalan beregu yang di ikuti oleh sebanyak 60 regu peserta dari masing-masing sekolah se-Kecamatan Tualang Kabupaten Siak.

Peringatan itu juga dihadiri langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Siak H Lukman MPd, Camat Tualang Zalik Effendi SSos, Kapolsek Tualang Kompol Pribadi SH, Danramil Tualan Kapten Ifantri M L Tobing, Korwilcam Dikbud Tualang Hj Zahroni MPd beserta para guru se-Kecamatan Tualang.

Kadisdikbud Kabupaten Siak H Lukman MPd yang mengikuti kegiatan tersebut bangga akan rekan-rekan guru dalam kegiatan ini dapat meningkatkan kompetensi melalui kebersamaan ini.

"Kita merasa bangga karena memang kita mendorong dan memotivasi agar rekan-rekan guru ini tetap bersemangat untuk lebih dapat meningkatkan percaya diri dan mampu meningkatkan kompetensi melalui kebersamaan dan dapat merobah manset kita," kata Lukman.

Sebenarnya, sebut Lukman, inikan event dari kegiatan kita dalam rangka HUT PGRI dan HGN Tahun 2019 yang lazim dilaksanakan setiap tahunnya, dalam rangkaian kegiatan inilah dapat mendorong semangat mereka (guru) dalam meningkatkan prestasi. 

"Kalau anak-anak didikkan dalam upaya mereka (guru) meningkatkan peserta didiknya, kita menguji dengan kegiatan seperti ini agar dapat meningkatkan kepercayan diri mereka agar lebih baik lagi," jelasnya.

Lanjut Lukman menyebutkan, kita sering menemukan dalam hal-hal sederhana, guru juga sebenarnya belum siap, salah satu contoh dalam persoalan baris berbaris dan tidak semua guru yang dapat menguasainya. 

"Dengan kegiatan ini mereka dapat berlatih terlebih dahulu, bisa saja yang melatih mereka dari TNI/Polri dan memahami serta mematuhi aturan-aturan dalam gerak jalan ini," imbuhnya.

Sementara itu, Korwilcam Dikbud Tualang Hj Zahroni MPd berharap setelah kegiatan ini agar guru-guru dapat lebih bersemangat dan dapat memberikan motivasinya kepada anak didiknya kedepan. Terutama dalam hal baris-berbaris, karena dapat menanamkan kedisplinan terhadap siswa siswinya.

"Sebab, setiap hari Senin itu selalu di adakan upacara dan bagi guru yang telah mengikuti kegiatan ini dapat menjadi pelatih disekolahnya masing-masing. Tentunya baris-berbaris ini nanti dapat diterapkan di sekolah masing-masing, kegiatan ini juga akan dilaksanakan setiap kali HUT PGRI dan HGN ini kedepannya," sebut Zahroni.

Kemudian setelah kegiatan ini, kata Zahroni, dengan harapan Kepala Sekolah agar dapat memotivasi guru-gurunya untuk dapat mengikuti kegiatan ini tahun depan. 

"Dan guru-gurunya dapat menciptakan beragam seni seperti halnya dengan yel-yel kita tadi, guru itu dapat memberikan inovasi agar kedepan pembelajaran itu lebih menarik kepada anak didiknya," imbuhnya.

Sesuai dengan tema HUT PGRI ke 74 dan HGN Tahun 2019 'Guru dan Tenaga Kependidikan Mulia Karena Karya'. Sedangkan kegiatan gerak jalan beregu pada Peringatan HUT PGRI ke 74 dan HGN Tahun 2019 untuk juara III diraih oleh SD Negeri 12 Tualang, juara II diraih oleh SD Negeri 06 Tualang dan juara I diraih oleh Marsudirini Tualang.

Penulis
: Hermansyah
Editor
: Redaksi