Serahkan 10 Ambulance, Bupati Asahan Minta Petugas Kesehatan Tingkatkan Pelayanan Masyarakat

Admin
699 view
Serahkan 10 Ambulance, Bupati Asahan Minta Petugas Kesehatan Tingkatkan Pelayanan Masyarakat
Fran
Bupti Asahan saat menyerahkan mobil ambulance.

KISARAN, datariau.com - Dalam peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-52 tahun 2016, Bupati Asahan menyerahkan 10 unit mobil ambulance kepada pihak puskemas, Jumat (18/11/2016) di halaman Kantor Bupati setempat.

Bupati Asahan, Taufan Gama Simatupang daam kesempatan itu meminta seluruh petugas kesehatan untuk terus meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

"Saya minta jangan ada lagi terdengar masyarakat mengalami persoalan kesehatan," kata Taufan di hadapan peserta upacara peringatan HKN tersebut.

Dengan adanya mobil ambulance di setiap puskemas, Taufan berharap pelayanan kesehatan bisa lebih mudah diterima oleh masyarakat. "Mari kita bersama-sama mewujudkan visi dan misi tentang kesehatan," ucap Taufan.

Sebelumnya, Bupati membacakan amanat Menteri Kesehatan RI dr Nila Farid Moeloek yang mengatakan, HKN yang bertema Indonesia Cinta Sehat dilakukan adalah untuk membangkitkan kembali pesan-pesan kesehatan, bahwa sehat itu harus dijaga, bergaya hidup sehat, berpartisipasi aktif dalam jaminan kesehatan nasional.

"Sehingga nantinya, akan terbangun kemandirian masyarakat yang sadar akan kesehatan untuk mencapai pada Indonesia Kuat. Dan untuk mewujudakan visi pembangunan nasional, Menteri Kesehatan meminta masyarakat melakukan gerakan masyarakat hidup sehat harus dimulai dari keluarga," sebutnya.

"Karena keluarga adalah bagian dari masyarakat terkecil yang membentuk kepribadian, dari proses pembelajaran hingga menuju kemandirian. Artinya dengan keluarga sehat dapat dengan mudah menciptakan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat."

Kemudian, lanjutnya, pembangunan kesehatan merupakan salah satu unsur penopang peningkatan Indeks Pembangunan Manusia, disamping unsur pendidikan dan ekonomi. Untuk itu sebagai investasi, orientasi pembangunan kesehatan harus lebih didorong pada aspek–aspek promotif dan preventif tanpa melupakan aspek kuratif rehabilitatif.

"Mari bekerjasama dalam pelaksanaan pembangunan kesehatan yang sedang dilakukan yang bertujuan untuk kesejahteraan masyarakat Indonesia," kata Taufan.

Dari 10 mobil ambulance yang diserahkan, Kepala Dinas Kesehatan Asahan dr Aris Yudhariansyah menyebutkan mobil tersebut untuk 10 puskemas, yakni Puskemas Sidodadi, Binjai Serbangan, Perapat Janji, BP Mandoge, Aek Loba, Bagan Asahan, Aek Ledong, Mutiara, Sei Kepayang dan puskemas Aek Songsongan..

"Bantuan mobil ini dari dana alokasi khusus tahun 2016," kata Aris.

Kegiatan juga dirangkai dengan pembacaan deklarasi menuju Kabupaten Asahan sehat tahun 2018 dan pembacaan oleh pihak pramuka tentang pernyataan gerakan bersama pramuka pemantau jentik.

Penulis
: Fran
Editor
: Riki