Abu Boiler PT Meganusa Intisawit

BLH Inhu Diminta Tanggap

Admin
899 view
BLH Inhu Diminta Tanggap
Heri
Asap dan abu yang keluar dari Boiler Instalator PT Meganusa Sawit yang dikeluhkan warga.

RENGAT, datariau.com - Warga dari dua desa yakni Desa Sukamaju Kecamatan Rakit Kulim dan Desa Bandar Padang Kecamatan Seberida, Kabupaten Inhu Provinsi Riau resah akibat abu boiler PT Meganusa Intisawit yang membuat mereka sesak nafas.

Warga berharap pihak Badan Lingkungan Hidup (BLH) Inhu dapat bertindak tegas dan memberi sanki terhadap PT Meganusa Intisawit (MNIS) yang diduga telah mencemari lingkungan yang mengakibatkan warga sakit sesak nafas.

Tokoh masyarakat Desa Sukamaju, Marudut P saat dijumpai di kediamannya Selasa (4/10/2016) mengatakan, akibat dari asap hitam dan abu yang keluar dari cerobong Boiler Instalator Pabrik Kelapa Sawit (PKS) PT MNIS menyebabkan warga Desa Sukamaju banyak terkena penyakit sesak nafas, radang tenggorokan dan Ispa.

"Contohnya yang dialami istri saya Tanty (31) dan anak saya Risma (7) yang sudah bertahun-tahun mengalami sakit sesak nafas dan radang tenggorokan tidak kunjung sembuh," kata Marudut P.

Selain pihak BLH, warga juga berharap Dinas Kesehatan Inhu turun ke Desa ini untuk melakukan pemeriksaan terhadap warga. "Karena selain istri saya yang terkenak penyakit akibat asap dan abu dari cerobong Boiler Instalator Pabrik Kelapa Sawit PT MNIS banyak juga warga lain yang sakit seperti istri saya," ulasnya.

"Harapan kami sebagai rakyat kecil dengan adanya pemberitaan ini nantinya masyarakat dapat terbantu, dan tidak malah dimanfaatkan oleh para pejabat pemkab Inhu untuk meraup keuntungan," sindir Marudut P.

Terkait hal ini Kaban BLH Inhu Moch Bayu Setiya Budiono SH belum dapat dikonfirmasi, saat dikonfirmasi melalui hp miliknya nada tersambung namun Kaban BLH Inhu tak kunjung mengangkat hp-nya.

Penulis
: Heri
Editor
: Riki
Tag: