Perusahaan Sawit Cemari Lingkungan Dibiarkan, Kinerja BLH Inhu Dipertanyakan

Admin
948 view
Perusahaan Sawit Cemari Lingkungan Dibiarkan, Kinerja BLH Inhu Dipertanyakan
Dok.
Asap dan abu yang disebut membuat warga sesak nafas.

RENGAT, datariau.com - Sudah sekian tahun lamanya Pabrik Kelapa Sawit (PKS) PT Meganusa Intisawit (PT MNIS) disebut mencemari lingkungan akibat asap dan abu yang keluar dari cerobong Boiler Instalator miliknya. Namun sampai saat ini belum ada tindakan serius dari Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Inhu.

"Akibat ulah PT MNIS warga dua desa menderita penyakit sesak nafas dan radang tenggorokan, dan setiap hari dirasakan warga masyarakat. Dahulu sudah sempat juga diketahui LSM berdasarkan laporan warga pada 2011 limbah PKS dengan segaja  dibuang ke sungai," sebut Hatta Munir, Ketua LSM MPR Ber-Nas Kabupaten Inhu kepada datariau.com, Jumat (7/10/2016).

Namun, kata Hatta, sampai saat ini masih saja belum menjadi perhatian oleh pihak BLH Kabupaten Inhu.

"Seharusnya dengan adanya kerusakaan lingkungan, BLH wajib menindak PKS PT MNIS. Dengan tidak mampunya BLH menindak hingga terjadi kerusakan lingkungan, ini adalah sesuatu perlakuan pembiaran, pertanyaannya ada apa BLH Inhu dengan PT MNIS," tanyanya.

Dengan kondisi ini, masyarakat menjadi bertanya-tanya kinerja BLH Inhu yang tidak memihak kepada masyarakat dan membiarkan masyarakat terkena dampak buruk adanya perusahaan yang diduga mencemari lingkungan.

"Kita takutnya kalau BLH ini sampai pula terima gratifikasi dari perusahaan, moga saja tidak. Tapi buktikan lah kalau mereka bisa menindak perusahaan yang mencemari lingkungan," pungkasnya.

Penulis
: Heri
Editor
: Riki
Tag: