Komisi IV Apresiasi Perbaikan Jalan Rusak di Kota Pekanbaru, Jangan Dirusak Lagi Dengan Galian IPAL

datariau.com
435 view
Komisi IV Apresiasi Perbaikan Jalan Rusak di Kota Pekanbaru, Jangan Dirusak Lagi Dengan Galian IPAL
Ketua Komisi IV DPRD Pekanbaru, Nurul Ikhsan.

PEKANBARU, datariau.com - Komisi IV DPRD Pekanbaru mengapresiasi pemerintah yang memperbaiki beberapa ruas jalan di Kota Pekanbaru dengan overlay baik itu jalan milik kewenangan kota maupun provinsi.

Ketua Komisi IV DPRD Pekanbaru Nurul Ikhsan menyoroti adanya proyek galian-galian yang membuat jalan yang sudah bagus menjadi rusak kembali.

"Tidak berkesudahannya permasalahan jalan rusak itu lantaran tidak sinkronkannya proyek-proyek, antara proyek pemerintah pusat, pemerintah provinsi dan pemerintah kota. Pas jalan sudah bagus dan rapi, malah timbul proyek baru macam penggalian IPAL ataupun air minum," kata Nurul, Rabu (10/7/2024).

Dikatakan Nurul, DPRD secara kelembagaan sangat mendukung proyek IPAL dan proyek air bersih. Salah satunya, proyek air bersih milik Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Siak Pekanbaru yang bertujuan untuk mengatasi stunting.

Namun begitu, DPRD Pekanbaru di satu sisi mengingatkan agar jalan-jalan bekas galian tersebut dapat segera dikembalikan semula sesuai dengan mutu dan kualitas ketika pengerjaan telah selesai. Sebab, banyak pengguna jalan yang sangat terganggu dengan galian-galian jalan tersebut.

"Tujuannya bagus, tapi setelah galian-galian itu selesai, ya tolong dikembalikan mutu dan kualitas jalannya seperti kondisi semula. Kadang-kadang, banyak juga kita lihat di lapangan setelah digali dan sudah diperbaiki, ada truk masuk bannya ke dalam bekas galian. Nah berarti mutu kan kualitasnya itu belum bagus," cetusnya.

Politisi Gerindra ini menekankan, perlu ada pengawasan yang lebih ekstra dari Pemko Pekanbaru melalui Dinas PUPR agar jalan rusak tidak terus-terusan menjadi permasalahan di Pekanbaru.

"Tentu ini perlu juga lobi-lobi pusat. Bagaimana anggaran pusat bisa masuk ke wilayah Provinsi Riau dan Kota Pekanbaru bisa lebih besar porsinya, karena kita sudah tidak mampu lagi dengan anggaran (APBD) kita untuk menyelesaikan semua permasalahan jalan yang ada di Pekanbaru," terang Nurul. (end)

Penulis
: Endi Dwi Setyo
JIKA MENEMUKAN BERITA KAMI TIDAK SESUAI FAKTA, SEGERA HUBUNGI 0813 3966 1966 (Chat WhatsApp Only)