Komisi III Tawarkan Solusi Masalah Zonasi Sekolah

Admin
177 view
Komisi III Tawarkan Solusi Masalah Zonasi Sekolah
Foto: Endi Dwi Setyo
Anggota Komisi III DPRD Pekanbaru Irman Sasrianto.

PEKANBARU, datariau.com - Anggota Komisi III DPRD Pekanbaru Irman Sasrianto mendorong Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru agar mencari solusi dan jalan keluar untuk mengatasi permasalahan sistem zonasi sekolah yang kerap menjadi keluhan bagi orangtua setiap kali tahun ajaran baru. Diantaranya seperti membangun beberapa gedung baru SMP Negeri di kecamatan.

"Kita (Komisi III) meminta upaya Dinas Pendidikan untuk bagaimana mencari solusi dari keterbatasan anggaran pembangunan gedung sekolah. Apakah melalui dana APBN seperti halnya daerah-daerah lain atau dengan usaha lain," kata Irman, Senin (22/11/2021).

Irman juga menyebut bahwa Komisi III telah mengusulkan beberapa pembangunan gedung baru SMP Negeri kepada Pemerintah Kota Pekanbaru. Salah satunya usulan pembangunan SMP Negeri di Kelurahan Meranti Pandak, Kecamatan Rumbai.

Hal ini ia usulkan lantaran banyak murid tamatan SD didaerah ini kerap kali tidak masuk sistem zonasi di SMP terdekat.

"Masyarakat di Kelurahan Meranti Pandak itu sudah sangat mendesak sekali keberadaan SMP ini. Ketika tamatan SD itu mau masuk ke SMP, ketersediaan SMP dilokasi itu sangat terbatas," terangnya.

Politisi PAN ini juga mendorong Disdik Kota Pekanbaru untuk lebih cepat mematangkan persiapan sistem zonasi ini agar bisa diterapkan tanpa menimbulkan merugikan masyarakat.

Sebab, permasalahan zonasi sekolah ini selalu timbul sewaktu saat memasuki tahun ajaran baru. Oleh karena itu, Pemko Pekanbaru diminta untuk mencari solusi dari keterbatasan sekolah tersebut.

"Daya tampung dari sekolah yang dituju itu tidak cukup sehingga akhirnya masyarakat itu terpaksa dihadapkan untuk masuk sekolah swasta," pungkasnya. (end)

Penulis
: Endi Dwi Setyo
Editor
: Riki
Sumber
: Datariau.com