Azwendi Minta BK Inventarisir Anggota DPRD yang Sering Tak Hadir Rapat Paripurna

Endi Dwi Setyo
73 view
Azwendi Minta BK Inventarisir Anggota DPRD yang Sering Tak Hadir Rapat Paripurna
Foto: Endi Dwi Setyo
Wakil Ketua DPRD Pekanbaru, Tengku Azwendi Fajri SE

PEKANBARU, datariau.com - Wakil Ketua DPRD Pekanbaru Tengku Azwendi Fajri SE menyoroti daftar kehadiran anggota dewan dalam rapat paripurna. Pasalnya, dari 45 orang hanya 25 anggota dewan yang menghadiri Rapat Paripurna Penyampaian Pidato Pengantar Nota Keuangan dan Ranperda Kota Pekanbaru tentang APBD Kota Pekanbaru Tahun 2022.

"Kita banyak dapat keluhan dan masukan dari Muspida terkait sering molornya rapat paripurna dari jadwal yang ditentukan, ini masukan yang positif buat kita, teman-teman dilegislatif akan kita edukasi terkait hal ini termasuk pihak eksekutif agar tugas dan tanggungjawab ini berjalan ontime," kata Azwendi usai paripurna, Senin (15/11/2021)

Dikatakan Azwendi, meskipun memenuhi kuorum, namun kondisi anggota dewan yang minim hadir ini merupakan contoh yang tidak baik. Pasalnya, persoalan tersebut bukan kali pertama terjadi. Melainkan, hampir setiap kali paripurna.

Politisi Demokrat ini meminta Badan Kehormatan (BK) agar menginventarisir anggota dewan yang sering tidak hadir paripurna. Termasuk, sanksi-sanksi apa saja yang bakal diterima anggota dewan yang secara berturut-turut tidak hadir tanpa keterangan.

"BK segera lakukan inventarisir, kalau menurut aturan di tatip menurut kita ada sanksi yang bakal diterima anggota dewan 6 kali berturut-turut tidak menghadiri paripurna, mulai sanksi ringan, sedang hingga sanksi keras, silahkan BK bagaimana membuat harmonis dprd ini, harmonis maksud saya bagaimana kehadiran BK bisa mengkomunikasikan semua aturan dan ketentuan bisa dijalankan dengan baik," tegasnya. (end)

Penulis
: Endi Dwi Setyo
Editor
: Endi Dwi Setyo
Sumber
: Datariau.com