Akan Diatur Perda, Warga Pekanbaru Tak Mau Vaksin Diberi Sanksi

Datariau.com
266 view
Akan Diatur Perda, Warga Pekanbaru Tak Mau Vaksin Diberi Sanksi
Foto: Endi Dwi Setyo
Penanggung Jawab Pansus DPRD Pekanbaru Ir Nofrizal MM.

PEKANBARU, datariau.com - Penanggung Jawab Pansus DPRD Pekanbaru Ir Nofrizal MM menyebut, masyarakat yang tidak mau divaksin akan dikenai sanksi dalam revisi Peraturan Daerah (Perda) tahun 2021 tentang Perlindungan Masyarakat dari Penyebaran dan Dampak Covid-19.

Hal ini dikatakan Nofrizal bahwa Perda Nomor 5 tahun 2021 tersebut mengadopsi Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 50 Tahun 2021 yang mengharuskan masyarakat untuk divaksinasi.

"Vaksin ini adalah sesuatu hal yang menjadi keharusan bagi masyarakat untuk menghindari penyebaran covid-19," kata Nofrizal, Selasa (6/7/2021).

Nofrizal menjelaskan, sebelum masyarakat menjalani vaksinasi, masyarakat akan didata terlebih dahulu oleh Pemko Pekanbaru melalui Dinas Kesehatan. Setelah itu, masyarakat akan diundang untuk menjalankan vaksinasi.

"Apabila sudah terdata dan diundang (untuk tahapan vaksininasi) namun tidak ikut (maka sanksi) tidak mendapatkan pelayanan kependudukan, ditunda pelayanan bantuan sosial sampai dengan penghentian bantuan," terangnya.

Politisi PAN ini mengungkapkan bahwa Perda tentang Perlindungan Masyarakat dari Penyebaran dan Dampak Covid-19 dibuat bukan untuk menakuti masyarakat. Melainkan, sebagai bentuk upaya pemerintah dalam meningkatkan kesadaran masyarakat bahwa pentingnya mendapatkan vaksinasi Covid-19.

Namun, apabila masyarakat tidak bisa melaksanakan vaksin karena adanya penyakit komorbit maka masyarakat tersebut akan diberikan surat keterangan.

"Apabila masyarakat yang tidak termasuk kategori untuk mendapatkan vaksin, itu nantinya akan mendapatkan surat keterangan dari dokter atau petugas yang ditunjuk," pungkasnya. (end)

Penulis
: Endi Dwi Setyo
Editor
: Riki
Sumber
: Datariau.com