Infotorial Pemkab Siak

Terima Penghargaan Opini WTP 13 Kali, Alfedri: Jadi Motivasi Pengelolaan Keuangan Daerah...

Hermansyah
541 view
Terima Penghargaan Opini WTP 13 Kali, Alfedri: Jadi Motivasi Pengelolaan Keuangan Daerah...
Pemerintahan Kabupaten Siak kembali menerima Opini WTP ke-13 kali dari BPK RI perwakilan Riau di Jakarta.

JAKARTA, datariau.com - Pemerintahan Kabupaten Siak melalui Bupati Siak Drs H Alfedri MSi kembali menerima penghargaan opini wajar tanpa pengecualian (WTP) untuk yang ke-13 kalinya.

Penghargaan dari Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) itu, dengan mendengarkan paparan dan arahan Presiden Jokowi pada penyampaian laporan hasil pemeriksaan atas laporan keuangan pemerintah pusat tahun 2023.

Selanjutnya, ikhtisar hasil pemeriksaan semester II tahun 2023 dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), berlangsung di Cendrawasih Room Jakarta Convention Center, Senin (8/7/2024).

Acara itu, dibuka langsung oleh Presiden Jokowi di dampingi Wakil Presiden Ma'ruf Amin, pimpinan tinggi lembaga negara, para menteri kabinet Indonesia Maju, Kapolri, Panglima TNI, Gubernur, Bupati/Walikota se-Indonesia.

Kegiatan tersebut, dengan mengusung tema, 'Menguatkan Pondasi Keuangan Negara Menuju Indonesia Emas 2045'.

Presiden Jokowi mengucapkan selamat kepada seluruh jajaran Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah atas predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dalam laporan keuangan tahun 2023 lalu.

Jokowi menekankan kepada kepala daerah untuk menggunakan dan mengelola Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) maupun Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) secara baik dan benar.

"APBN dan APBD ini, merupakan uang rakyat yang harus kita kelola dan pergunakan sebaik-baiknya. Dengan mengedepankan program prioritas demi kesejahteraan masyarakat, tentu akan membawa dampak yang baik kepada mereka," kata Jokowi.

Dikatakan Jokowi dengan menekankan pentingnya kerjasama maupun upaya bersama berbagai sektor, meliputi lembaga negara, pemerintah, institusi pendidikan, swasta, maupun masyarakat menciptakan keselarasan serta kolaborasi dalam pengawasan maupun pelaksanaan program pembangunan.

"Dengan sinergi yang kuat diharapkan visi pembangunan nasional yang inklusif dan berkelanjutan dapat mewujudkan Indonesia Emas 2045 dapat terwujud," imbuhnya.

Presiden RI meminta kepada setiap kepala daerah transparan dan akuntabel dalam mengelola APBD-nya. Karena, ekonomi yang terus tumbuh dan inflasi yang tetap terjaga merupakan modal dasar dalam membangun negara.

Bupati Siak Drs H Alfedri MSi menyampaikan momentum ini dalam rangka menyatukan persepsi kepada seluruh kepala daerah khususnya dalam pengelolaan APBD.

"Alhamdulillah, hari ini kita dapat hadir dalam acara penyampaian laporan hasil pemeriksaan atas laporan keuangan pemerintah pusat tahun 2023 dan ikhtisar hasil pemeriksaan semester II tahun 2023 di Jakarta, yang langsung di hadiri Presiden Jokowi," kata Alfedri.

Alfedri mengatakan Pemerintah Kabupaten Siak terus melaksanakan kegiatan baik yang bersumber dari APBN maupun APBD dengan menciptakan program yang menyentuh masyarakat.

Selain melaksanakan program yang sejalan dengan arahan presiden, Pemkab Siak juga berhasil melaksanakan tata kelola keuangan yang baik hingga meraih predikat WTP dari BPK RI Perwakilan Provinsi Riau 13 kali berturut.

"Dengan diraihnya opini WTP untuk yang ke-13 kali berturut-turut ini, akan menjadikan motivasi bagi Pemkab Siak untuk terus melaksanakan serta meningkatkan tata kelola keuangan Pemkab Siak yang lebih transparan dan akuntabel," pungkasnya.(inf)

JIKA MENEMUKAN BERITA KAMI TIDAK SESUAI FAKTA, SEGERA HUBUNGI 0813 3966 1966 (Chat WhatsApp Only)