Hukum Meminta-minta di Dalam Masjid

Admin
786 view
Hukum Meminta-minta di Dalam Masjid
Muslim.or.id

DATARIAU.COM - Masjid adalah rumah Allah Ta’ala, yang dibangun dengan niat untuk berdzikir, berdoa, dan menegakkan ibadah kepada-Nya. Masjid tidak dibangun sebagai sarana untuk mengumpulkan harta dan perhiasan dunia. Oleh karena itu, aktivitas jual beli, mencari barang hilang di masjid, dan aktivitas sejenis lainnya itu dilarang untuk dilakukan di dalam masjid.

Berdasarkan alasan-alasan tersebut, masjid bukanlah tempat untuk meminta-minta harta. Hal ini ditambah dengan alasan bahwa hal itu bisa mengganggu orang-orang yang sedang shalat dan berdzikir, serta beribadah di masjid.
Hukum meminta-minta

Para ulama ijma’ (sepakat) bahwa meminta-minta itu terlarang jika bukan dalam keadaan darurat. Dari ‘Abdullah bin ‘Umar radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَا يَزَالُ الر'َجُلُ يَس'أَلُ الن'َاسَ حَت'َى يَأ'تِىَ يَو'مَ ال'قِيَامَةِ لَي'سَ فِى وَج'هِهِ مُز'عَةُ لَح'مٍ

“Seseorang yang selalu meminta-minta kepada orang lain, di hari kiamat ia akan menghadap Allah dalam keadaan tidak ada sekerat daging sama sekali di wajahnya.” (HR. Bukhari no. 1474 dan Muslim no. 1040)

Dari Hubsyi bin Junadah radhiyallahu ’anhu, ia berkata, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda,

مَن' سَأَلَ مِن' غَي'رِ فَق'رٍ، فَكَأَن'َمَا يَأ'كُلُ ال'جَم'رَ

“Barangsiapa yang meminta-minta padahal dia tidak fakir, maka seakan-seakan ia memakan bara api.” (HR. Ahmad no. 17508, dishahihkan Al-Albani dalam Shahih At Targhib no. 802)

Halaman :

Notice: Undefined variable: max_pages in /home/u1046844/public_html/datariau.com/theme/detail.php on line 249
Penulis
: M. Saifudin Hakim
Editor
: Riki
Sumber
: https://muslim.or.id/58112-hukum-meminta-minta-di-dalam-masjid.html
Punya rilis yang ingin dimuat di datariau.com? Kirim ke email datariau.redaksi@gmail.com