Sukses Digelar, Ini Rangkaian Mabar PUBG di Ar Rahman Pekanbaru

Abdul Kadir
656 view
Sukses Digelar, Ini Rangkaian Mabar PUBG di Ar Rahman Pekanbaru
(Foto: Abdul Kadir)
Sambutan Wali Kota Pekanbaru Dr. H. Firdaus, MT membuka acara Mabar PUBG di Masjid Paripurna Ar Rahman Pekanbaru

Pekanbaru, datariau.com -  Mabit Akbar (Mabar) Pemersatu Ukhuwah Best Generation (PUBG) sukses dilaksanakan di Masjid Paripurna Ar Rahman Kota Pekanbaru, Selasa (31/12/2019) hingga (1/1/2020).

Kesuksesan Mabar PUBG tidak terlepas dari dukungan sejumlah pihak, diantaranya Pemerintah Kota Pekanbaru. 

Berdasarkan pantauan datariau.com di lokasi, update peserta hingga acara usai mencapai 600 peserta.

"Antusias masyarakat Pekanbaru untuk mengikuti acara mabit Akbar ini pun tak lepas dari dukungan serta ajakan Walikota Pekanbaru dan Ketua MUI Pekanbaru pada seluruh warga," kata Dandy Ramadhan Ketua Panitia Mabar PUBG.

 

Dr. H. Firdaus, M.T Walikota Pekanbaru sangat mengapresiasi kegiatan Mabit Akbar yang diselenggarakan di Masjid Paripurna Ar Rahman Kota Pekanbaru. 

Menurut Wako, upaya pelaksanaan Mabit PUBG, sangat positif karena kebiasaan pergantian tahun baru penuh hura-hura kini bisa diselenggarakan di dalam masjid.

"Alhamdulillah kita bisa hadir di masjid ini dalam pergantian tahun. Kami sangat mengapresiasi kegiatan ini. Mudah-mudahan bisa membawa manfaat bagi kita semua," sebut Dr. H. Firdaus, MT dihadapan ratusan peserta Mabar PUBG, Selasa (31/12/2019) malam.

Menurut Firdaus, pergantian tahun semestinya digunakan untuk evaluasi kehidupan di keluarga maupun kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Kita patut bersyukur kita masih diberikan hidup, mulai kita evaluasi hidup. Inilah makna pergantian tahun baru agar kedepan hidup kita menjadi lebih baik. Selanjutnya kita bermohon kepada Allah untuk diri kita dan lingkungan kita agar kita diberikan kebaikan dan kekuatan untuk menuju kesejahteraan," jelas Firdaus. 

Dandy Ramadhan Ketua Pelaksana Mabit PUBG mengatakan, kegiatan ini terlaksana berkat kerjasama semua pihak, khususnya Pemerintah Kota Pekanbaru.

"Untuk itu kami mengharapkan kritik dan saran demi terlaksananya kegiatan kedepan menjadi lebih baik," jelasnya.

Acara dimulai pada Selasa 31 Desember 2019 pukul 17.00 WIB registrasi dilanjutkan shalat magrib berjamaah dan makan malam disediakan panitia secara gratis dengan cara menukarkan voucher yang didapatkan saat registrasi.

"Setelah isya dilanjutkan acara pembukaan oleh Walikota Pekanbaru Dr. H. Firdaus, ST, MT kemudian Dr. Yudi Irwan, M.E, Sy. Arzil Yusri, Lc, Lonely Costa memberikan materi sekaligus tanya jawab seputar materi yang disampaikan," terangnya.

Setelah materi, sambung Dandy akan diadakan present komunitas yang bergerak dalam bidang dakwah di Kota Pekanbaru dan pembagian doorprize dari panitia sebanyak 10 bingkisan hadiah menarik untuk para peserta.

"Selanjutnya masuklah pada acara ta'aruf bagi masing-masing peserta untuk beristirahat agar bisa mengikuti shalat tahajud berjamaah dan dilanjutkan muhasabah kemudian bersama menyelesaikan ODOJ (one day one juz) lalu shalat subuh berjamaah," kata Dandy.

Rangkaian acara hari Rabu, 1 Januari 2020 berupa ceramah agama disampaikan Ustadzah Wiwin Oktasari, Lc., M.Hsc dan Syekh Ghulam.

Syekh Ghulam dalam ceramahnya mengatakan, generasi muda harus memiliki mental yang kuat dan bermental baja.

"Bagaimana Islam bisa maju kalau mentalnya mental cengeng, patah hati langsung lemah, dengar lagu sedih," papar syekh.

Seharusnya sambung lulusan Yordania itu, generasi muslim dalam menghadapi masalah, selalu berpedoman dan berpegang teguh pada Al Quran dan sunah. 

Pemateri Mabar PUBG Ustadzah Wiwin Oktasari, Lc., M.Hsc menyampaikan, generasi muda harus dibekali ilmu untuk membangun peradaban umat.

"Bagaimana kita mau membangun peradaban kalau kita tidak tau ilmunya. Zaman nabi peradaban maju karena menguasai ilmu. Jadi ilmu memiliki peran penting dalam membangun kehidupan," terang lulusan Malaysia itu. (Abd)

Penulis
: Abdul Kadir
Editor
: Redaksi
Sumber
: datariau.com