Ini Sosok Kapten TNI yang Muncul dan Marahi Paspampres di Posko PPKM

Ruslan
361 view
Ini Sosok Kapten TNI yang Muncul dan Marahi Paspampres di Posko PPKM
Foto: repro video amatir

DATARIAU.COM - Kericuhan terjadi di Posko Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di Jalan Daan Mogot, Kalideres, Jakarta Barat.

Petugas gabungan dari Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan kepolisian terlibat cek cok dengan seorang pria tinggi tegap yang tak lain adalah prajurit TNI dari Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) bernama Prajurit Kepala (Praka) Izroi Gajah.

Kericuhan pecah karena Praka Izroi dipaksa untuk turun dari sepeda motornya oleh sejumlah petugas kepolisian dari Resmob Polres Metro Jakarta Barat, untuk dilakukan pemeriksaan.

Dalam rekaman video amatir yang beredar, Praka Izroi mengakui dirinya salah. Bahkan dia tak melakukan perlawanan saat diperlakukan kurang baik oleh oknum polisi.

Dari amatan VIVA Militer, ada lebih dari lima anggota polisi menyergapnya. Dia digiring dan didorong ke tepi jalan ke dekat mobil water cannon.

"Saya salah bang,izin bang saya salah bang," ucap Praka Izroi berkali-kali kepada anggota polisi berpakaian preman sembari menundukkan kepala sebagai bentuk permintaan maaf atas kesalahannya.

Namun, walau Praka Izroi berusaha tetap dingin dan sopan menghadapi petugas. Salah satu terlihat petugas terus ngotot dan mendorong tubuh Praka Izroi sembari menghardiknya.

"Kalau kamu Paspampres memangnya kenapa kamu," kata anggota polisi itu.

Akhirnya sejumlah prajurit TNI yang terlibat dalam PPKM Darurat menghampiri Praka Izroi yang sedang diperiksa petugas kepolisian. Walau tak bisa menunjukkan Kartu Tanda Anggota (KTA) prajurit TNI, tapi Praka Izroi memiliki sejumlah bukti identitas bahwa dia benar-benar anggota Paspampres.

Kericuhan pun mereda, polisi yang tadi mengamankannya pergi satu persatu, begitu juga dengan prajurit TNI. Setelah situasi terkendali, sebuah peristiwa yang tak terduga terjadi.

Jadi saat Praka Izroi hendak mengambil sepeda motornya, tiba-tiba saja dia mengambil sikap tegap dan memberikan hormat kepada seorang perwira pertama TNI yang mendadak muncul di lokasi kericuhan.

Sosok perwira pertama berpangkat Kapten itu langsung memarahi Praka Izroi. "Kamu mau sok jagoan. Ini kami dua puluh empat jam. Kamu tinggal ngomong baik-baik. Ingat ya kamu baik-baik kalau ngomong. Pasti dilepas kamu. Jelas? jangan diulangi lagi," kata Kapten TNI itu?

"Siap ndan, siap ndan," kata Praka Izroi. Lalu, setelah memberi hormat, Praka Izroi akhirnya berpamitan.

Lalu siapakah sosok komandan TNI berpangkat Kapten itu?

Ternyata beliau adalah Komandan Komando Rayon Militer (Koramil) 06/Kalideres, Kodim 0503/Jakarta Barat. Yaitu Kapten Infanteri Abdul Kholik.

Kapten Inf Abdul Kholik merupakan perwira yang ditugaskan untuk memimpin prajurit TNI dalam melaksanakan penyekatan di Posko PPKM Darurat Daan Mogot. Sejak hari pertama kebijakan itu diberlakukan, Kapten Inf Abdul Kholik selalu siaga di lokasi ini. (*)

Source: viva.co.id