Ada Razia RTB Mulai 7-31 Desember 2023, Pengendara Wajib Lengkapi Hal Ini Jika Tidak Ingin Ditindak

datariau.com
632 view
Ada Razia RTB Mulai 7-31 Desember 2023, Pengendara Wajib Lengkapi Hal Ini Jika Tidak Ingin Ditindak

INHU, datariau.com - Terhitung sejak Kamis 7 Desember 2023 kemarin, Satlantas Polres Inhu mulai melaksanakan program Riau Tertib Berkeselamatan (RTB) tahun 2023, program ini juga digelar secara serentak di wilayah Polda Riau.

Kapolres Inhu AKBP Dody Wirawijaya SIK melalui Kasat Lantas Polres Inhu AKP Fajri Sentosa SH MH saat ditemui di lapangan, Kamis pagi menjelaskan, kegiatan secara resmi dibuka oleh Kapolres Inhu, ditandai dengan pembagian dan pemasangan helm standar pada pengendara sepeda motor di Simpang Pos Persahabatan, Kota Rengat.

Dijelaskan Kasat, ada beberapa poin penting tujuan progam RTB 2024. Pertama, mewujudkan Kamseltibcarlantas diwilayah Riau, khususnya di Kabupaten Inhu. Kedua, menurunkan angka Kecelakaan Lalu Lintas (Lakalantas) dan totalitas korban Lakalantas.

Ketiga, menciptakan budaya tertib berlalu lintas, empat, menekan angka pelanggaran lalu lintas dan kelima, cipta kondisi menjelang pelaksanaan Operasi Lilin Lancang Kuning (LK) 2023 dan pergantian tahun baru 2024.

Sementara, lanjut Kasat, ada 7 sasaran dalam RTB, pertama, pengendara yang menggunakan ponsel atau handphone ketika berkendara. Kedua, pengendara bawah umur. Ketiga, tidak menggunakan safety bell atau sabuk keselamatan bagi pengemudi kendaraan roda empat, atau lebih.

Keempat, tidak menggunakan helm standar bagi pengendara sepeda motor maupun orang yang dibonceng. Lima, penumpang orang diatas bak terbuka pada kendaraan kendaraan angkutan barang. Enam, melawan arus lalu lintas dan Tujuh, berkendara melebihi batas kecepatan yang ditentukan.

"RTB 2023 akan dilaksanakan mulai dari 7-31 Desember, diimbau pada seluruh lapisan masyarakat Inhu, agar mematuhi semua peraturan dalam berlalu lintas, lengkapi surat-surat kendaraan serta izin berkendara, agar tidak terjaring saat program RTB ini," pungkas Kasat. (den)

JIKA MENEMUKAN BERITA KAMI TIDAK SESUAI FAKTA, SEGERA HUBUNGI 0813 3966 1966 (Chat WhatsApp Only)