Kuliner Khas Pekanbaru Paling Enak, Wajib Dicoba!

aclin
566 view
Kuliner Khas Pekanbaru Paling Enak, Wajib Dicoba!
Foto: katadata.co.id
Ilustrasi gulai ikan patin khas Pekanbaru Riau.

DATARIAU.COM - Ketika berkunjung di ibu kota dan kota terbesar di Provinsi Riau yakni Kota Pekanbaru, jangan lupa untuk mencicipi kuliner khas di kota tersebut.


Kuliner di kota Pekanbaru memiliki cita rasa yang khas dan unik yang wajib untuk di coba oleh para penggemar wisata kuliner Indonesia.


Wisata kuliner Pekanbaru menjadi salah satu daya tarik utama wisatawan untuk berkunjung di kota yang termasuk salah satu sentra ekonomi terbesar di pulau Sumatra ini.


Berikut ini terdapat beberapa kuliner khas Pekanbaru yang paling enak dan wajib untuk dicoba saat sedang berkunjung ke kota Pekanbaru:


1. Gulai Ikan Patin


Dikutip dari tvonenews.com Gulai ikan patin adalah perpaduan antara ikan patin dan kuah gulai kental yang lezat. Keunikan dari masakan khas Riau ini terletak pada penggunaan potongan ikan patin yang besar, dan dimasak dengan berbagai rempah khas indonesia yang memberikan cita rasa yang sangat nikmat dan lezat.


Gulai Ikan Patin merupakan hidangan yang segar dan nikmat saat disantap di siang hari. Hidangan ini merupakan wajib dicoba bagi pecinta kuliner. Dalam pengolahannya, gulai ikan patin diolah secara higienis dan bersih, sehingga juga menjadi favorit para wisatawan asing.


Selain lezat ikan patin juga memiliki manfaat kesehatan, ikan patin mengandung protein sekitar 23-28 persen, dengan kandungan lemak yang lebih rendah dibandingkan dengan jenis ikan lainnya. Konon, kandungan lemak tak jenuh sebesar 50 persen dalam ikan patin dapat membantu mencegah penyakit kardiovaskular dan menurunkan kolesterol jahat, sehingga mengurangi risiko penyakit jantung koroner.


2. Bolu Kemojo


Dikutip dari batamnews.co.id bolu kemojo merupakan makanan yang memiliki citarasa khas tradisional ala masyarakat Melayu, kini menjadi incaran sebagai oleh-oleh istimewa dari Riau. Kue lezat ini, sering juga disebut sebagai Bolu Kojo, mengambil namanya dari kata "Kamboja" karena cetakan atau loyangnya berbentuk seperti bunga Kamboja.


Tidak seperti bolu kebanyakan yang lembut dan seperti spons, Bolu Kemojo punya tekstur yang lebih padat, mirip dengan kue basah. Salah satu hal yang membuatnya istimewa adalah resep tradisional yang turun-temurun dari nenek moyang Riau.


Yang menarik, kue ini dibuat tanpa bahan pengawet buatan. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat Bolu Kemojo termasuk tepung terigu, mentega, gula pasir, dan telur. Warna hijau khasnya berasal dari air daun suji dan air daun pandan, bukan dari pewarna buatan. Proses pembuatan Bolu Kemojo melibatkan tradisi pengukusan, menciptakan aroma khas yang tak tertandingi oleh kue lainnya.


3. Kue Talam Durian


Kue talam durian merupakan kue lapis perpaduan antara ketan dan durian. Tekstur legit dan rasa khas dari ketan dipadukan dengan nikmatnya rasa manis durian menciptakan citarasa yang disukai oleh banyak orang. Dikutip dari liputan6.com kue talam durian khas Kota Pekanbaru, Riau masuk dalam nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) 2019 dalam kategori Makanan Tradisional Terpopuler di Nusantara.


Kue talam durian yang berbahan dasar ketan dan durian itu dipelopori oleh warga yang sebelumnya sukses membangun bisnis rumahan "Kue Viera". Salah satu kue favorit dan andalan di usaha rumahan tersebut adalah kue talam durian.


Sementara pemilik usaha "Rumah Kue Viera" Evi Arneti Evi mengaku tidak percaya ketika kue Talam Durian dari Kota Pekanbaru masuk dalam nominasi API 2019 untuk Kategori Makanan Tradisional Terpopuler. Bahkan bisa bersaing dengan Bolu Kemojo yang juga merupakan kue khas Melayu di Pekanbaru.


4. Es Laksamana Mengamuk


Dikutip dari liputan6.com Es Laksamana Mengamuk merupakan minuman segar yang berasal dari Provinsi Riau. Minuman tradisional yang menggugah selera ini memiliki cita rasa khas, karena menggunakan buah kuweni (mangifera odorata) sebagai bahan utama. Buah ini dikenal juga dengan sebutan kueni atau kuini.


Es Laksamana Mengamuk biasanya disajikan pada acara perjamuan, berbuka puasa, serta perayaan hari besar lainnya di Riau. Minuman ini juga bisa kamu jumpai di berbagai rumah makan atau restoran khas Melayu.


Es Laksamana Mengamuk merupakan minuman yang terbuat dari buah kuweni yang dipadu dengan legitnya santan dan gula merah. Buah kuweni memiliki kandungan nutrisi berupa serat, vitamin A, hingga zat besi yang baik untuk kesehatan. Jadi, minum Es Laksamana Mengamuk tidak hanya menyegarkan tenggorokan, tapi juga baik untuk untuk menjaga kesehatan. ***

JIKA MENEMUKAN BERITA KAMI TIDAK SESUAI FAKTA, SEGERA HUBUNGI 0813 3966 1966 (Chat WhatsApp Only)