Jokowi Sebut Risma Layak Kena Reshuffle karena Suka Marah-marah?

Ruslan
200 view
Jokowi Sebut Risma Layak Kena Reshuffle karena Suka Marah-marah?
Tangkapan layar unggahan hoaks di media sosial. Foto: YouTube.

DATARIAU.COM - Beredar video yang judulnya menarasikan bahwa Presiden Joko Widodo mengatakan Menteri Sosial Tri Rismaharini layak diganti karena suka marah-marah. Video ini beredar di YouTube.

Kanal TRIBUN PNS membagikan video itu pada 3 Oktober 2021. Video tersebut diberi judul "BERITA VIRAL Amarahnya Suka Meledak, Jokowi : Risma Layak Kena Reshuffle Kabinet !". Pula, pada thumbnail terdapat narasi sebagai berikut:

“MENSOS RISMA KAGET, JOKOWI : RISMA LAYAK DICOPOT!?”

Benarkah demikian? Berikut cek faktanya.

Penelusuran:

Dari hasil penelusuran Cek Fakta Medcom.id, klaim pada video yang beredar bahwa Presiden Jokowi menyebut Mensos Risma layak diganti karena suka marah-marah adalah salah. Faktanya, antara judul dan isi video tidak menyambung.

Setelah menyimak video berdurasi 2 menit 2 detik tersebut, tidak ada pernyataan Kepala Negara mengatakan Mensos Risma layak mendapat reshufle. Isi video hanya pembacaan narasi dari artikel media daring.

Isi Video itu tentang pendapat pengamat komunikasi politik Jamiluddin Ritonga mengenai video Risma marah-marah kepada petugas pendamping PKH yang berasal dari artikel berjudul“Bu Risma Marah-Marah, Jamiluddin Beri Saran Begini kepada Jokowi” dimuat jpnn.com pada 2 Oktober 2021. Artikel tersebut berisi opini pengamat komunikasi politik tidak ada menyebut Jokowi.

Pada artikel itu, Jamiluddin Ritonga berpendapat Mensos Risma layak untuk di-reshuffle, namun pendapat itu bukan berasal dari Presiden Jokowi.

Kesimpulan:

Klaim pada video yang beredar bahwa Presiden Jokowi menyebut Mensos Risma layak diganti karena suka marah-marah adalah salah. Faktanya, antara judul dan isi video tidak menyambung.