Jadi Korban Kecelakaan, Begini Cara Ajukan Klaim Asuransi Jasa Raharja dan Jumlah Besaran Santunan

Ruslan
317 view
Jadi Korban Kecelakaan, Begini Cara Ajukan Klaim Asuransi Jasa Raharja dan Jumlah Besaran Santunan
Ilustrasi (Foto: Internet)

DATARIAU.COM - Jasa Raharja merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang mengelola asuransi bagi setiap pengguna jalan seperti penumpang angkutan umum, penumpang kendaraan pribadi, dan pejalan kaki.

Mengutip situs resmi jasaraharja.co.id, ada dua program asuransi sosial yang dilayani oleh Jasa Raharja, yaitu Asuransi Kecelakaan Penumpang Alat Angkutan Umum yang berdasarkan Undang-Undang No. 33 Tahun 1964 tentang Dana Pertanggungan Wajib Kecelakaan Penumpang serta Asuransi Tanggung Jawab Menurut Hukum Terhadap Pihak Ketiga yang merujuk Undang-Undang No. 34 Tahun 1964 tentang Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan.

Jika terjadi kecelakaan masyarakat bisa mengajukan klaim santunan di Jasa Raharja asalkan masuk dalam kategori korban yang diatur oleh Undang-Undang No. 33 Tahun 1964. Ada beberapa proses yang harus dilalui, yaitu: seseorang yang ingin mengajukan klaim harus meminta surat keterangan kecelakaan dari unit kecelakaan lalu lintas Polres setempat atau instansi serupa yang memiliki wewenang.

Setelah itu, mintalah surat keterangan kesehatan atau kematian dari rumah sakit dan membawa identitas pribadi korban (asli dan fotokopi) seperti, Kartu Keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Surat Nikah.

Setelah mendapatkan surat keterangan kecelakaan dan surat keterangan kesehatan atau kematian dari rumah sakit, pengaju klaim bisa mengunjungi kantor Jasa Raharja dan mengisi beberapa formulir seperti formulir pengajuan santunan, formulir keterangan singkat kecelakaan, formulir kesehatan korban, dan keterangan ahli waris jika korban meninggal dunia. Langkah selanjutnya yaitu menyerahkan formulir serta melampirkan dokumen pendukung kepada petugas.

Namun ada beberapa syarat yang harus dimiliki untuk sebagian kategori kecelakaan. Misalnya untuk korban luka-luka yang mendapatkan perawatan harus memiliki laporan polisi berikut sketsa Tempat Kejadian Perkara (TKP) atau laporan kecelakaan pihak berwenang lainnya, kuitansi biaya perawatan, kuitansi obat-obatan yang asli dan sah yang dikeluarkan oleh rumah sakit, fotokopi KTP korban, surat kuasa dari korban kepada penerima santunan (bila dikuasakan) dilengkapi dengan fotokopi KTP korban penerima santunan dan fotokopi surat rujukan bila korban pindah ke Rumah Sakit lain.

Adapun bagi korban meninggal dunia di TKP, untuk mengajukan klaim asuransi pada Jasa Raharja harus menambah beberapa syarat seperti laporan polisi berikut sketsa TKP atau laporan kecelakaan pihak berwenang lainnya, surat kematian dari rumah sakit atau surat kematian dari kelurahan jika korban tidak dibawa ke rumah sakit, fotokopi KTP korban dan ahli waris, fotokopi KK, fotokopi surat nikah bagi korban yang telah menikah dan fotokopi akta kelahiran atau akte kenal lahir bagi korban yang belum menikah.

Kriteria Korban Kecelakaan yang Bisa Klaim Asuransi Jasa Raharja

1. Korban merupakan penumpang sah suatu kendaraan umum yang kecelakaannya disebabkan oleh penggunaan alat angkutan umum dan korban berada di dalam angkutan umum.

2. Seseorang yang berada di luar angkutan umum tetapi menjadi korban dari kecelakaan yang disebabkan oleh penggunaan alat angkutan umum. Korban berada di dalam suatu kendaraan bermotor dan ditabrak oleh pengendara kendaraan bermotor lain (tidak hanya kendaraan umum, tapi juga pribadi).

Kriteria Korban Kecelakaan yang Tak Dapat Santunan dari Jasa Raharja

Korban celaka karena menerobos palang pintu kereta api.

1. Korban yang mengalami kecelakaan terbukti sedang melakukan kejahatan (contoh: maling yang mengebut di jalan karena ingin kabur).

2. Pengendara yang menyebabkan terjadinya kecelakaan dua atau lebih kendaraan bermotor.

3. Korban Kecelakaan yang terbukti mabuk.

Korban kecelakaan yang disengaja karena bunuh diri atau percobaan bunuh diri.

Korban celaka karena mengikuti perlombaan kecepatan, seperti lomba balap mobil dan lomba balap motor.

Sumber
: Kompas.com, tempo.co, jasaraharja.co.id