Gunakan Foto Polisi di FB, Pelaku Berhasil Tipu Daya Uang Ratusan Juta dari 2 Wanita

Hermansyah
364 view
Gunakan Foto Polisi di FB, Pelaku Berhasil Tipu Daya Uang Ratusan Juta dari 2 Wanita
Konferensi pers di Mapolres Siak.

SIAK, datariau.com - Kapolres Siak AKBP Gunar Rahadiyanto SIK MH di dampingi Kasat Reskrim Polres Siak AKP Noak Aritonang pimpin giat konferensi pers pengungkapan kasus penipuan dan pencurian dengan kekerasan, Senin (20/9/2021).

Dalam kasus ini pelaku yang diketahui pemulung besi tua berinisial NR alias AR (43) ditangkap atas perbuatan atau melakukan penipuan uang ratusan juta rupiah.

Pelaku merupakan warga Lalang Kabung, Kabupaten Pelalawan, Riau ini menipu korban dengan cara mengaku sebagai seorang polisi.

"Pada bulan September tahun 2020, korban inisial YS (40) pertama kali berkenalan melalui Facebook dengan pelaku kemudian mengirim pesan kepada korban dan meminta nomor WhatsApp korban," kata Gunar.

"Tak lama kemudian ada yang menghubungi korban tetapi nomor tersebut diblokir oleh korban. Lalu korban dihubungi menggunakan nomor lain dengan aplikasi WhatsApp dan mengaku sebagai polisi yang bertugas di Polres Pelalawan bernama Ipda Indra Jaya SH menjabat sebagai Kanit II Narkoba," jelas Kapolres Siak.

Selanjutnya korban dan pelaku pun sering berhubungan melalui pesan singkat WhatsApp, setelah itu pelapor meminjam uang kepada korban bahwa pelaku ada proyek di PT. RAPP dan untuk urusan pribadi.

"Pelaku berjanji akan mengembalikan uang tersebut secepatnya, uang ini dipinjam pelaku secara bertahap mulai dari September 2020 sampai dengan bulan Juni tahun 2021 sejumlah Rp382 juta," ujar AKBP Gunar Rahadiyanto.

Dikatakan AKBP Gunar Rahadiyanto SIK mengatakan bahwa pelaku memulai aksinya sejak bulan Oktober dengan korban inisial YS (40) yang merupakan warga Kerinci Kanan, Kabupaten Siak.

"Selain YS terdapat korban lain berinisial IR. Hanya saja, pelaku menipu IR sebesar Rp80 juta. Kasus penipuan atas korban IR ini sudah ditangani oleh Polres Pelalawan. Karena kejadian di wilayah Pelalawan," kata dia.

Pelaku inisial NR alias AR (43) berhasil diamankan polisi pada 9 September lalu di Desa Lalang Kabung, Kabupaten Pelalawan.

"Atas perbuatan pelaku kita kenakan Pasal 378 KUHPidana, dengan ancaman hukuman 4 tahun penjara," pungkasnya.(rls)