Bupati Kampar: Selalu Kreatif, Dengan Adanya Bank Sampah Bisa Menghasilkan Uang

Ruslan
174 view
Bupati Kampar: Selalu Kreatif, Dengan Adanya Bank Sampah Bisa Menghasilkan Uang
Foto: Mirdas Aditya

KAMPA, datariau.com - Selama ini sumpah merupakan barang yang tidak berguna lagi bagi masyarakat, akan tetapi dengan perkembangan teknologi apabila bisa mengolah dengan baik. Sampah bukan barang buangan lagi, akan tetapi sampah bisa menghasilkan uang.

Demikian disampaikan Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto, SH, MH saat meresmikan Bank Sampah BATOBO Desa Tanjung Bungo Kecamatan Kampa, Kamis (30/9/21).

Lebih lanjut, Bupati Kampar menjelaskan, "Apabila kita mau bekerja dan berinovasi sampah saja akan bisa menghasilkan uang apalagi yang lain. Intinya yang terpenting adalah jangan bermalas dan terus berinovasi dan kreatif," jelasnya.

Lebih lanjut, sampah jangan sampai menumpuk apalagi berserakan karena akan berpengaruh juga terhadap kesehatan, sebab sampah apabila tidak dikelola dengan baik akan menimbulkan berbagai masalah kesehatan, dirinya juga memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada masyarakat Desa Tanjung Bungo yang telah melakukan inovasi dan kreativitas dalam mengelola limbah sampah.

Sesuai dengan moto "Sampah jadi uang, lingkungan bersih, hidup lebih sehat". Ini menunjukan bahwa sampah saat ini apabila kita bisa memanfaatkan dengan biak, maka sampah bukan lagi barang yang tidak berguna melainkan sampah sudah dicari banyak orang.

Sementara itu Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kampar Aliman Makmur pada kesempatan tersebut menyampaikan, sesuai dengan permintaan para Ibu-ibu pengelola Bank Sampah melalui Kepala Desa Manizar untuk mengharapkan bantuan alat transportasi sampah atau gerobak sampah (Viar).

Maka dari empat unit Viar yang diangarkan APBDP tahun 2021 melalui DLH Kampar, satu unit direncanakan akan diserahkan untuk Bank Sampah BATOBO Tanjung Bungo Kampa. (das)

Penulis
: Mirdas Aditya
Editor
: Ruslan Efendi
Sumber
: Datariau.com