Affiliate Marketing: Pengertian, Jenis, Cara Kerja, dan Kiat Sukses

aclin
146 view
Affiliate Marketing: Pengertian, Jenis, Cara Kerja, dan Kiat Sukses
Ilustrasi. (Foto: Internet)

DATARIAU.COM - Affiliate merupakan bisnis yang banyak diminati oleh anak muda saat ini. Karena selain tanpa modal bisnis ini bisa dilakukan hanya dengan menggunakan ponsel.

Dikutip dari idntimes.com dalam istilah bisnis, affiliate adalah salah satu strategi atau program dalam teknik pemasaran yang dinilai efektif untuk meningkatkan penjualan secara online dengan waktu yang singkat.

Affiliate atau secara khusus dikenal sebagaiaffiliate marketingditerapkan supaya memudahkan penjual untuk mengenalkan produknya kepada konsumen.

Berikut ini pengertian, jenis dan cara kerja affiliate marketing yang dilansir dari idntimes.com:

A. Pengertian Affiliate



Affiliate adalah sebuah metode pemasaran digital yang belakangan ini populer diterapkan penjual online di Indonesia. Seseorang akan menerima komisi atau penghasilan jika terjadi transaksi penjualan terhadap suatu produk yang ia promosikan melalui link atau tautan afiliasi dan dibagikan ke berbagai platform.

Dari sisi penjual, affiliate adalah sistem strategi pemasaran yang dilakukan oleh penjual dengan membayar jasa orang lain jika orang tersebut bisa menjual produk yang dimiliki suatu perusahaan melalui pemasaran secara online.

B. Jenis - Jenis Affiliate

Secara umum, ada tiga jenis strategiaffiliateyang umumnya digunakan oleh para penjual, yaitu:

1. Influencer

Siapa yang tidak tahu istilahinfluencer? Beberapa tahun ke belakang, banyak bermunculan para mikro selebriti atau influencerdi media sosial.

Bagi para penjual, kehadiran mereka dinilai memiliki kemampuan dan kekuatan untuk memengaruhi orang lain. Khususnya dalam pengambilan keputusan pembelian produk.

Seoranginfluencerdengan jumlahfollowersyang banyak di media sosial bisa jadi lebih mudah untuk memberi pengaruh kepada pengikutnya untuk membeli suatu produk.

2. Media massa

Media massa juga bisa digunakan untuk menerapkan metode pemasaranaffiliate.Saat ini, pengertian media massa sudah berkembang luas dan tidak hanya media-media konvensional, seperti televisi dan radio.

Namun, termasuk juga media online, akun-akun media sosial, dan sebagainya.Oleh sebab itu, media massa bisa dimanfaatkan untuk melakukan strategi pemasaran ini. Kembali lagi pada target pasar, budget, dan produk yang dijual.

3. Blogger

Istilahbloggeratau bloger mungkin terdengar kuno karena tren menulis di blog sudah ada sejak belasan tahun lalu. Namun, definisi bloger saat ini bukan hanya orang yang menulis di situsnya sendiri. Melainkan juga bisa merujuk pada orang-orang yang menghasilkan produk berupa teks, audio, atau video pada berbagai platform online.

Bloger sekilas mirip denganinfluencer,yaitu sama-sama bisa dimanfaatkan untuk mempromosikan sebuah produk. Namun, bloger biasanya cenderung lebih dipercaya oleh para calon konsumen. Mengapa? Sebab bloger dianggap memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang suatu produk yang lebih luas dibandinginfluencer.

Misalnya, perusahaan smartphone yang ingin memasarkan produknya mungkin akan lebih memercayai para reviewerHP yang lebih menguasai dunia teknologi untuk mempromosikan produk mereka daripada influenceryang fokus pemahamannya tidak sama.

C. Cara Kerja Affiliate



Cara kerjaaffiliatesebenarnya sangat sederhana. Strategi pemasaran afiliasi ini dimulai dari orang-orang yang mendaftarkan diri ke perusahaan atau bisnis yang membuka programaffiliate,seperti Shopee Affiliates Program.

Di sana, orang tersebut akan mendapatkan linkaffiliate.Kemudian, dengan link tersebut, orang itu akan mempromosikan produknya lewat berbagai platform dengan caranya sendiri-sendiri. Mulai dari media sosial, blog, situs web, hingga forum online.

Jika ada pembelian melalui link tersebut, maka orang yang mempromosikan itu akan mendapatkan komisi dari penjual produk aslinya. Komisi yang diberikan tergantung kesepakatan di awal.

Itulah pengertian, jenis - jenis dan cara kerja affiliate marketing, selanjutnya berikut ini kiat untuk sukses sukses menjadi Affiliate marketing tanpa modal yang dikutip dari kompas.com

1. Pilih dan daftar program afiliasi terbaik

Di internet terdapat banyak perusahaan atau merek yang menawarkan program afiliasi. Pastikan kamu memilih program yang terbaik.

Kamu dapat menelusuri program afiliasi beberapa perusahaan di Google dengan keyword bisnis affiliate marketing (Brand atau Perusahaan).

Selain itu, perhatikan juga kesesuaian produk yang mereka tawarkan dengan audiens kamu, komisi yang ditawarkan, pencairan komisi, dan ketentuan lainnya.

2. Prioritaskan Kebutuhan dan Selera Audiens

Pada saat menjadi seorang afiliate marketer, kamu harus memerhatikan kebutuhan dan selera target audiens.

Selain itu, kamu harus membangun hubungan yang positif dengan para audiens di media sosial, seperti berdiskusi, merespon audiens, dan bertukar sapa.

3. Membuat Konten Orisinil

Selain menjual produk yang sesuai, kamu sebagai afiliate marketer juga harus membuat konten promosi yang original.

Jangan sampai video promosi yang sudah kamu buat kena takedown copyright oleh kreator lain.

Tapi, ada beberapa merek yang juga menyediakan konten untuk para affiliate marketer. Jika demikian, kamu bisa memakainya untuk diposting di akun media sosialmu.

4. Tentukan Media Promosi

Media promosi merupakan hal yang sangat penting, karena target utama seorang afiliasi adalah memasarkan atau mempromosikan suatu produk.

Kamu bisa menggunakan media sosial seperti Facebook, Instagram, WhatsApp, dan Tiktok untuk mempromosikan produk. Selain itu, kamu juga dapat memanfaatkan blog atau website, jika kamu memiliki keahlian menulis.

Tentunya yang harus kamu perhatikan adalah media yang digunakan dibolehkan atau dilegalkan oleh perusahaan terkait.

5. Manfaatkan SEO

Jika kamu menggunakan blog sebagai media promosi, kamu dapat mempelajari SEO atau Search Engine Optimazation.

Kamu dapat membuat artikel dengan kata kunci dan menerapkan SEO untuk meningkatkan traffic situs, yang memungkinkan pengunjung tertarik dengan produk atau layanan yang kamu tawarkan.***

JIKA MENEMUKAN BERITA KAMI TIDAK SESUAI FAKTA, SEGERA HUBUNGI 0813 3966 1966 (Chat WhatsApp Only)