Akan Temui Pemerintah Pusat

Walikota Pekanbaru Maafkan Guru yang Demo 6 Hari Mogok Mengajar

Admin
2.337 view
Walikota Pekanbaru Maafkan Guru yang Demo 6 Hari Mogok Mengajar
PEKANBARU, datariau.com - Hari ini, Selasa (26/3/2019) aktivitas belajar mengajar di sekolah Kota Pekanbaru kembali pulih setelah beberapa hari lalu hiruk pikuk aksi demo para guru di Kantor Walikota Pekanbaru terkait Perwako Nomor 7 tahun 2019 tentang penghapusan tunjangan profesi Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) bagi guru sertifikasi.

Walikota Pekanbaru yang telah beritikad baik menemui ratusan guru yang demo pada Senin sore kemarin telah memberikan solusi terkait apa yang diprotes guru tersebut, dengan cara menjembatani perwakilan guru untuk mempertanyakan Perwako tersebut ke pemerintah pusat. Karena Walikota Pekanbaru Firdaus MT menegaskan bahwa Perwako itu bukan kebijakan daerah melainkan untuk menjalankan aturan pemerintah pusat.

"Kita menjembatani para perwakilan guru dan pejabat di Pemko Pekanbaru untuk datang langsung ke 4 kementerian. Kalau kita hanya  berdebat aturan hukum maka tidak akan menemui jalan keluarnya. Jadi lebih baik konsultasi langsung tentang regulasinya dengan membawa surat walikota. Jadi biar clear semua," ujar Firdaus, Selasa (26/3/2019).

Firdaus juga menjelaskan bahwa pihaknya tidak akan memberlakukan sanksi kepada para guru bersertifikasi yang sudah meninggalkan tugas mengajar selama enam hari tersebut. "Para guru sertifikasi yang sudah enam hari meninggalkan tugas mengajar untuk diputihkan semua sanksinya. Mana absensi yang kemarin ditinggalkan para guru, untuk kali ini akan saya maafkan," katanya.

Namun, ditegaskan Firdaus, jika setelah enam hari ini masih ada juga yang melakukan aksi demo dan megok mengajar, maka pihaknya tidak segan-segan untuk menjatuhkan sanksi tegas. "Tidak ada maaf bagimu lagi dan absensi dan UU ASN pun akan kita mainkan lagi. Untuk itu perlu adanya komunikasi yang bagus, selesaikan sehingga tidak ada gesekan lagi di lapangan," tambahnya.

Firdaus juga berharap agar para guru tetap menjadi guru yang berkarakter yang baik dan dapat dicontoh oleh anak-anak didik dan masyarakat. "Aksi kemarin silahkan evaluasi sendiri. Apakah sudah baik apa tidak? Intinya jagalah komunikasi yang baik dan jadilah contoh yang baik dimana pun anda berada," pesan Firdaus.

Pemko Pekanbaru bersama para perwakilan guru sertifikasi, PGRI Pekanbaru dan Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru akan mendatangi Kementerian Pendidikan, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) dan Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) untuk mempertanyakan tuntutan para guru. (rin)
Tag: