Ramadhan Ditengah Pandemi Covid-19

Datariau.com
214 view
Ramadhan Ditengah Pandemi Covid-19

DATARIAU.COM - Ada yang berbeda dengan ramadhan tahun ini, dikarenakan adanya virus corona (covid-19). Yang bermula di kota wuhan, cina.  Sejak akhir Desember 2019 lalu dan sudah menyebar ke beberapa daerah termasuk indonesia, salah satunya di wilayah kota pekanbaru.


Virus corona ini sudah banyak menelan korban dikarenakan begitu cepat menyebarnya dan bisa menular melalui kontak fisik. Sudah banyak negara dan daerah diindonesia yang Menerapkan pembatasan sosial berskala besar (psbb) salah satunya pekanbaru untuk mengurangi penyebaran virus corona ini.


Kota pekanbaru sendiri sudah melakukan pembatasan sosial berskala besar (psbb) sejak 17 April 2020 lalu, dikarenakan gubernur Riau, Syamsuar sudah mengeluarkan surat edaran dimana isinya melarang adanya sholat tarawih berjamaah, buka bersama, dilarangnya pasar ramadhan dan sholat idul fitri.


Banyak keluhan masyarakat pekanbaru terkait surat edaran tersebut, yang disampaikan salah satu warga bernama Fittri.


 "Ramadhan tahun ini terasa biasa saja, karena kita melakukan aktivitas dirumah saja tanpa melakukan aktivitas seperti pada bulan ramadhan sebelumnya, seperti sholat berjamaah dimesjid dan buka bersama bersama sahabat, padahal disitulah terasanya bulan ramadhan. Tapi bagaimanapun kita tetap harus mengikuti peraturan pemerintah agar virus ini segera hilang," ujarnya.


Meskipun begitu, masyarakat pekanbaru masih bisa melaksanakan ibadah puasa walaupun dirumah saja, seperti sholat tarawih berjamaah bersama keluarga dan tadarus Al-qur'an tanpa harus keluar rumah dan selalu menjaga kebersihan dengan selalu mencuci tangan sehingga kita bisa mencegah penyebaran virus corona ini. 


Penulis: Desi irawati Mahasiswi Riau

Punya rilis yang ingin dimuat di datariau.com? Kirim ke email datariau.redaksi@gmail.com