Tim Pengabdian KKN Unri 2021 Kembangkan Potensi Desa Lubuk Bendahara Melalui Pengolahan Nugget Ikan Lele

Ruslan
170 view
Tim Pengabdian KKN Unri 2021 Kembangkan Potensi Desa Lubuk Bendahara Melalui Pengolahan Nugget Ikan Lele
Foto: Desi Fitriani

ROKAN HULU, datariau.com - Mahasisiwa Kukerta Unri 2021 Desa Lubuk Bendahara, Kecamatan Rokan IV Koto, Kabupaten Rokan Hulu mengadakan salah satu program kerja unggulan dalam meningkatkan potensi Desa Lubuk Bendahara yaitu dengan mengadakan kegiatan “Pembuatan Nugget Lele”.

Pengolahan dan pembuatan nugget lele ini diadakan karena dilatar belakangi dengan potensi Desa Lubuk Bendahara yang memiliki budidadaya ikan lele di Rokan Hulu.

Selain itu, Mayoritas penduduk Desa Lubuk Bendahara bekerja sebagai pengolah dan merawat pohon kelapa sawit. Selain SDA yang mencukupi, masyarakat Desa Lubuk Bendahara juga banyak memiliki kreativitas dalam mengolah sumber daya lainnya seperti pemanfaatan budidaya ikan lele.

Hampir setiap masyarakatnya memiliki tempat atau kolam yang dijadikan pembudidayaan ikan lele.

Adanya potensi ini tentu harus adanya keseimbangan pengelolaan dan pemanfaatannya. Karena hal ini dapat menunjang berbagai aspek kehidupan di Desa Lubuk Bedahara.

Pada hari Ahad (2/08/2021) diadakannya pembuatan Olahan Nugget lele yang dikaji dengan adanya perekaman video yang dapat dilihat langsung di Instagram @kknlubukbendahara_2021 dan dibuat oleh anggota KKN Unri dan juga langsung dibantu oleh rekan dari Fakultas Perairan dan Perikanan, yaitu Intania Srimulyani dan Okthavia Putri Alvin yang turut andil dalam ide pembuatan nugget ikan lele.

Ketua Kukerta Unri Desa Lubuk Bendahara, Desi Fitriani Sinaga menjelaskan bahwasanya kegiatan ini dapat menunjang dan mengembangkan potensi Desa Lubuk Bendahara sebagai pembudidaya ikan lele terbesar di wilayah Rokan Hulu.

Selain itu, Kepala Desa Luubuk Bendahara, Bapak Rinaldi juga mengatakan, “Untuk saat ini Desa Lubuk Bendahara sudah menjadi pemasok ikan lele di daerah-daerah Rokan Hulu dan juga luar provinsi yaitu Sumatra Utara," sebutnya.

Mengingat kondisi Covid-19 yang mengkhawatirkan, untuk mengatasi kerumunan masyarakat dalam kegiatan ini, Tim Kukerta Unri mengambil metode kegiatan dengan membuat video di Instagram @kknlubukbendahara_2021 dan juga membuat brosur resep dan cara pengolahan yang kemudian dibagikan langsung oleh anggota kukerta unri ke masyarakat setempat di Desa Lubuk Bendahara.

Brosur resep ini dikemas langsung bersama dengan nugget lele sehingga masyarakat bisa langsung mencobanya dirumah.

Dengan mengadakan program kegiatan ini diharapkan dapat Menambahkan ilmu pengetahuan dalam inovasi pengolahan lele, menciptakan olahan baru yang dapat menjadi ide bisnis dan menunjang perekonomian masyarakat Desa Lubuk Bendahara, dan juga meningkatkan kreativitas dalam proses pembuatan nugget ikan lele. (ril)

Penulis
: Desi Fitriani
Sumber
: Datariau.com