Tim Kukerta Unri Diskusi Mengenai Manajemen KUD Sumber Bahagia Desa Silikuan Hulu

Ruslan
181 view
Tim Kukerta Unri Diskusi Mengenai Manajemen KUD Sumber Bahagia Desa Silikuan Hulu
Foto: Ist

PELALAWAN, datariau.com - Mahasiswa Kukerta UNRI Balek Kampung 2021 melakukan kunjungan ke Koperasi Unit Desa (KUD) “Sumber Bahagia” Desa Silikuan Hulu, Kecamatan Ukui, Kabupaten Pelalawan dalam rangka mewujudkan program unggulan daerah.

Pada saat itu juga dilakukan diskusi mengenai bagaimana manjemen serta administrasi yang dilakukan oleh pihak KUD “Sumber Bahagia” ini.

KUD ini mulai beroperasi sejak tahun 1993, pada saat itu bangunannya masih berbahan kayu.

“Koperasi Unit Desa merupakan salah satu pilar perekonomian yang berperan penting dalam pembangunan perekonomian nasional. Maka perlunya dilakukan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia dalam manajemen KUD melalui pendidikan perkooperasian, pelatihan dan pengembangan,” ujar Vinsensius Jado, selaku Direktur KUD “ Sumber Bahagia”.

Jenis-jenis usaha yang tersedia pada KUD Sumber Bahagia ini diantaranya yaitu Simpan Pinjam, usaha minimarket, kayu dan peralatan perkakas dan distribusi pupuk.

"Kami berharap agar Pemerintah Daerah dapat memberikan komitmen dan respon mereka sebagai langkah untuk memajukan KUD-KUD yang ada di setiap desa,” tambah Vinsensius Jado.

Perkembangan KUD Sumber Bahagia sejak mulai berdiri sampai sekarang ini telah berkembang pesat, dibuktikan dengan pencapaian-pencapaian yang sudah didapatkan serta jenis usaha yang semakin besar dan bertambah. Yang sampai sekarang sudah bisa dirasakan manfaatnya oleh warga desa Silikuan Hulu.

“Kami berharap agar dapat lebih banyak belajar kedepannya mengenai sistem manajemen yang diterapkan di kepengurusan KUD Sumber Bahagia dan dapat mengaplikasikannya serta menyebarkan ilmu yang didapat pada kehidupan bermasyarakat setelah menjalani kukkerta di desa Silikuan Hulu ini,” harap Rollend Prayoga, salah satu mahasiswa Kukerta Silikuan Hulu. (ril)

Kirim berita, hak jawab, laporan: 0813 3966 1966 (Chat WhatsApp Only)