Tambah Jumlah PAUD di Indonesia, Dana BOP Tembus di Angka Rp 6 Triliun Pertahun

Sindy Aprilia Dwiyanti
91 view
Tambah Jumlah PAUD di Indonesia, Dana BOP Tembus di Angka Rp 6 Triliun Pertahun
Gambar : edukasi.sindonews.com

DATARIAU.COM - KehadiranPendidikan Anak Usia Dini(PAUD) menjadi langkah awal lahirnya generasi bangsa berkualitas di Indonesia.

Menurut Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan KebudayaanMuhadjir Effendypengembangan PAUD merupakan langkah pemerintah untuk menjangkau daerah-daerah di Indonesia yang belum tersentuh oleh pendidikan usia dini.



Demi mendorong kemajuan sekolah PAUD, pemerintah telah mengeluarkan berbagai kebijakan untuk membantu pendirian dan operasional sekolah.

"Memberikan Bantuan Operasional Penyelenggaraan (BOP) PAUD, bantuan operasional PAUD untuk gaji guru. (Pendirian PAUD) bangunan fisiknya ada skema dari Dana Desa. Rp6 triliun per tahun anggaran untuk BOP PAUD," katanya, dilansir ANTARA.


Berbagai bantuan ini penting untuk disalurkan karena sebagian besar sekolah PAUD masih dikelola oleh Lembaga Swadaya Masyarakat atau lembaga keagamaan.

"Yang betul-betul dikelola pemerintah tidak sampai dua ribu PAUD," katanya.

Dengan kebijakan, pemerintah berharap semua balita Indonesia bisa mendapatkan pendidikan usia dini.

Muhadjir menambahkan Presiden Jokowi telah membuat kebijakan agar setiap desa memiliki sekolah PAUD. Selama pemerintahan Presiden Joko Widodo, jumlah sekolah PAUD telah meningkat menjadi sebanyak lebih dari 160 ribu di Indonesia.

"Periode sebelumnya tidak lebih dari 30 ribu (PAUD)," katanya. (*)

Source : suara.com