Mahasiswa Kukerta UNRI Tanam Tanaman Toga di Puskesmas Perhentian Luas

Admin
301 view
Mahasiswa Kukerta UNRI Tanam Tanaman Toga di Puskesmas Perhentian Luas

DATARIAU.COM - Mahasiswa Kukerta UNRI 2021 yang berlokasi di Desa Perhentian Luas, Kecamatan LTD yang dipimpin oleh Muti Abdurrahman menyadari pentingnya TOGA di masa pandemi saat ini.

Sehingga, pada Sabtu (24/7) mereka melaksanakan program kerja Penanaman TOGA di halaman Puskesmas Perhentian Luas.

Program ini direspon dengan positif oleh Kepala Puskesmas Perhentian Luas.

"Apresiasi yang tinggi dan terima kasih kami ucapkan kepada Mahasiswa Kukerta UNRI yang telah melaksanakan kegiatan penanaman toga di Puskesmas Perhentian Luas. Semoga bermanfaat bagi masyarakat yang memanfaatkannya nanti dan Puskesmas akan merawat TOGA ini dengan sebaik-baiknya," kata Kepala Puskesmas Perhentian Luas, Nopriwan Malus SKM MKes.

Tanaman Obat Keluarga (TOGA) banyak khasiat seperti jahe yang dapat digunakan untuk menghangatkan badan, kunyit sebagai bahan masakan, kencur yang baik untuk obat flu dan batuk, dan masih banyak jenis tanaman lainnya yang sangat bermanfaat.

Selain itu, mengingat tingginya harga obat-obatan atau vitamin olahan pabrik, toga dapat menjadi solusi untuk meningkatkan imun tubuh di kala pandemi saat ini.

Kepala Puskesmas Perhentian Luas agar tanaman obat ini dapat berkembang dengan sempurna dan dimanfaatkan oleh penduduk desa juga sejalan dengan keinginan dari Ketua Kelompok Kukerta UNRI di Desa Perhentian Luas yang mengungkapkan, program TOGA ini dibuat untuk memenuhi kebutuhan keluarga akan obat-obat atau bahan obat herbal yang selanjutnya dapat disalurkan kepada masyarakat di desa Perhentian Luas.

Penanaman Toga ini diharapkan dapat memacu usaha kecil dan menengah dibidang obat-obatan herbal sekalipun dilakukan secara individual, setiap keluarga dapat juga membudidayakan Toga ini sehingga terwujudnya prinsip kemandirian dalam pengobatan keluarga. (Janny Karina Ginting)